Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

9 Gereja di Depok Dinilai Rawan, Polresta Siapkan Metal Detector

Polda Metro Jaya mengkategorikan ada 9 dari 127 gereja di Kota Depok yang dianggap rawan gangguan

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in 9 Gereja di Depok Dinilai Rawan, Polresta Siapkan Metal Detector
Kompas.com
ilustrasi Pintu Metal detector 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Polda Metro Jaya mengkategorikan ada 9 dari 127 gereja di Kota Depok yang dianggap rawan gangguan, selama pekan perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini.

Karenanya, Polresta Depok menyiapkan metal detector di semua gereja di Depok, untuk memeriksa setiap jemaat yang datang dalam misa atau perayaan Natal di gereja serta penyisiran area gereja saat sterilisasi.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya barang yang diduga bom, bahan peledak, atau benda mencurigakan lainnya.

"Dengan dibantu pihak gereja kita akan menggunakan alat metal detektor mengantisipasi barang yang diduga bom atau benda-benda yang mencurigakan. Selain itu tiga jam sebelum ibadah Natal, seluruh area gereja sudah disterilisasi petugas," papar Kapolresta Depok Kombes Ahmad Subarkah di Mapolresta Depok, Selasa (23/12/2014).

Ahmad mengatakan sebanyak 1026 personel gabungan dari Polresta Depok, TNI, Satpol PP Depok, serta unsur masyarakat lainnya dikerahkan dalam pengamanan perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 di wilayah Kota Depok.

Pengamanan dengan nama sandi, Operasi Lilin Jaya 2014 ini akan berlangsung selama 10 hari mulai 24 Desember 2014 sampai 2 Januari 2015.

"Selain 127 gereja di Depok yang akan dijaga petugas dan menjadi fokus utama selama perayaan di pekan Natal dan Tahun Baru ini, seluruh objek vital, pusat keramaian, sentra ekonomi serta wilayah yang rentan kejahatan di Depok kami pantau intensif," kata Ahmad.

BERITA TERKAIT

Untuk menunjang hal itu, katanya, pihaknya akan membuka 7 pos pengamanan bersama anggota TNI mulai Rabu (24/12/2014) di wilayah Depok.

Ahmad mengimbau kepada masyarakat Depok untuk menjaga situasi keamanan di Kota Depok tetap kondusif serta melaporkan segala hal yang dicurigai atau diduga bisa menimbulkan gangguan keamanan.

"Semua laporan akan kami respon secepatnya. Petugas kami akan siaga 24 jam baik di 7 pos pengamanan yanh kami bangun dan di semua titik monitoring keamanan selama Operasi Lilin Jaya 2014," papar Ahmad.

Akhirnya, Ahmad berharap umat Kristiani dapat merayakan Hari Raya Natal dengan penuh khidmat dan lancar, selama pekan terakhir di Tahun 2014 sampai di awal Tahun Baru 2015.(bum)

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas