Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebelum Meninggal Enen Dipaksa Mengemis dan Kerap Dipukuli Suami Bulenya

Enen Cahyati yang diduga dibunuh suami keduanya yang berkewarganegaraan Amerika Serikat, kerap dipukuli hingga pernah dipaksa mengemis.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Sebelum Meninggal Enen Dipaksa Mengemis dan Kerap Dipukuli Suami Bulenya
Ist
Enen Cahyati (48) (kanan) bersama anak pertamanya Insya Maulida (25) . 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Enen Cahyati (48) yang diduga dibunuh suami keduanya yang berkewarganegaraan Amerika Serikat, Bilal Abdul Fateen (66), kerap dipukuli hingga pernah dipaksa mengemis agar bisa liburan di Bali pada awal 2018.

Hal itu diungkapkan putri sulung Enen Cahyati, Insya Maulida alias Echa (25), di rumah duka, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (28/3/2018).

Menurut Echa, kejadian itu diketahuinya dari pengakuan ibundanya.

"Pernah mamah saya disuruh minta-minta, ke lembaga-lembaga di daerah Condet, ke Dompet Dhuafa, minta-minta. Itu buat biayain dia ke Bali dibiayain Dompet Dhuafa. Mamah saya yang disuruh minta-minta. Mamah saya disuruh ngemis, Mas," ujarnya.

Namun nahasnya, bukan liburan seperti yang dijanjikan oleh Bilal yang didapat, justru Enen kerap dipukuli selama beberapa hari berada di Bali hingga akhirnya dia melarikan diri.

"Saya dapat telepon waktu mama saya ada di sebuah terminal di sana. Kata yang menelepon, ibu saya sudah seharian di sana nangis-nangis," kata Echa.

Selain di Bali, Enen juga pernah dipaksa untuk mengemis sewaktu berada di Jawa Timur.

BERITA TERKAIT

"Itu cerita juga sama saya," ujarnya.

Tak hanya mengemis, Echa juga menceritakan bahwa ibunya juga harus berutang ke koperasi dan home credit untuk membiayai uang jaminan Pembebasan Bersyarat sewaktu Bilal ditahan di Rutan Salemba karena kasus KDRT dengan istri sebelumnya.

Baca: Polri Masih Tunggu Kepastian KPK Terkait Nasib Brigjen Aris Budiman di Kepolisian

Bahkan, ibundanya juga dipaksa oleh Bilal untuk menanggung pembayaran kredit sepeda motor hingga dipaksa menanggung biaya perbaikan sebuah mobil yang pernah ditabrak oleh Bilal.

"Utang sama koperasi Rp 10 juta, sama home credit Rp 11,5 juta, sama uang yang mobil itu Rp 10 juta. Motor nggak tahu berapa, nggak ada yang tahu angsurannya berapa," ungkap Echa.

Echa juga mengungkapkan, ibunya juga menggunakan uang yang diberikan ayah kandungnya atau suami pertama Enen, Gerry, untuk membiayai makan sehari-hari Bilal selama di penjara.

"Selama dia di penjara, ayah saya yang ngasih makan mamah saya di sini. Bilal emang ngasih makan? Enggak. Uang dari ayah saya buat ngempanin Bilal di penjara, kurang apa coba?" ucapnya dengan nada suara kesal.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas