Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Taman Pembatas Trotoar dan Jalan di Jalan Sudirman Halangi Warga yang Ingin Naik Transportasi Umum

Pantauan Warta Kota, hal itu terjadi di dekat halte Bus Transjakarta, Dukuh Atas, tepatnya yang mengarah dari Bundaran HI menuju Sudirman

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Taman Pembatas Trotoar dan Jalan di Jalan Sudirman Halangi Warga yang Ingin Naik Transportasi Umum
Warta Kota/Rangga Bhaskoro
Taman median yang letaknya berada di pinggir trotoar sehingga menyebabkan masyarakat diharuskan untuk menunggu di luar trotoar, baik di pinggir jalan, persimpangan maupun akses pintu keluar masuk gedung 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah ruas trotoar di sekitar Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman yang rencananya akan rampung pada akhir bulan Juli menghalangi pengguna transportasi umum saat naik atau turun kendaraan.

Hal itu dikarenakan terdapat taman median yang letaknya berada di pinggir trotoar sehingga menyebabkan masyarakat diharuskan untuk menunggu di luar trotoar, baik di pinggir jalan, persimpangan maupun akses pintu keluar masuk gedung.

Baca: Rumah di Kembang Ludes Terbakar, Penghuninya Tewas

Pantauan Warta Kota, hal itu terjadi di dekat halte Bus Transjakarta, Dukuh Atas, tepatnya yang mengarah dari Bundaran HI menuju Sudirman.




Meski ruas trotoar sudah cukup luas, namun tidak terdapat jalur khusus yang membelah taman median sebagai akses naik dan turun penumpang.

Hal itu juga terjadi di trotoar tepat di depan gedung Graha CIMB Niaga, gedung Panin Bank, Halte Universitas Atmajaya, dan gedung lainnya, di mana halte tempat menunggu angkutan umum berada di belakang taman median.

"Ini sulit juga kalau enggak ada akses khusus di tengah taman median bagi pengguna angkutan umum. Kami terpaksa jalan sampai ujung trotoar dan menunggu kendaraan di tikungan jalan," kata Hendi (35), pejalan kaki di trotoar Dukuh Atas, Selasa (24/7/2018).

Selain dinilai membahayakan pejalan kaki, hal itu juga menyebabkan tersendatnya lalu lintas lantaran kendaraan umum yang berhenti di persimpangan jalan menghalangi kendaraan lain yang hendak berbelok ke kiri.

BERITA TERKAIT

Pengguna jalan lain bernama Tino (40) mengharapkan agar pemerintah menyediakan akses tersendiri bagi masyarakat yang menunggu transportasi umum.

Baca: Satpol PP Kota Tangsel Musnahkan Lapak PKL yang Bandel di Pasar Serpong

"Kalau enggak ada aksesnya, sama saja kami nunggu angkutan umum di pinggir jalan atau di dekat akses keluar atau masuk gedung. Terkadang akses masuk gedung saja sudah mengantri, bagaimana kalau ditambah angkutan umum yang menurunkan penumpang di sini?" kata Tino.

Namun demikian, sejumlah ruas trotoar sudah dibangun sangat baik dengan menempatkan halte di tengah-tengah median sehingga memudahkan pengguna kendaraan umum. Seperti yang terlihat di Menara Astra, Lapangan Baseball GBK dan Mid Plaza.

Penulis: Rangga Baskoro

Berita ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Taman Median Trotoar Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman Menghalangi Pengguna Angkutan Umum

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas