Tribun

Dangkalnya Air di Waduk Pluit Menyulitkan Petugas Bersihkan Tanaman Eceng Gondok

Nicolas menjelaskan, alat berat yang biasa digunakan untuk pengangkutan eceng gondok tak bisa bekerja di air yang dangkal

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Dangkalnya Air di Waduk Pluit Menyulitkan Petugas Bersihkan Tanaman Eceng Gondok
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Waduk Pluit yang berada di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, ditumbuhi eceng gondok 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Petugas Pemantau dari UPK Badan Air Penjaringan, Nicolas mengaku kesulitan membersihkan tanaman eceng gondok yang tumbuh liar di Waduk Pluit karena pendangkalan.

Pendangkalan air di Waduk Pluit penyebabnya adalah penyedotan pompa yang berakibat pada debit air yang berkurang drastis.

Hal itu untuk menjaga supaya air dari waduk tidak meluap dan membanjiri permukiman warga.

Nicolas menjelaskan, alat berat yang biasa digunakan untuk pengangkutan eceng gondok tak bisa bekerja di air yang dangkal.

"Penyedotan pompa Waduk Pluit itu memang sampai titik nol, jadi alat kita enggak bisa beroperasi sampai tengah sini," ucap Nicolas saat ditemui di Pos UPK Badan Air Waduk Pluut, Kamis (21/2/2019).

Nicolas menjelaskan, alat yang biasa digunakan untuk mengangkut eceng gondok tidak bisa beroperasi air dangkal lantaran takut kandas.

Karenanya, petugas hanya bisa menunggu eceng gondok terdorong arus air ke bagian waduk memiliki kedalaman lebih dari 2 meter.

"Kita sudah berupaya. Tapi alat kita nggak bisa ke tengah sini karena dangkalnya itu. Jadi sebisa kita saja semaksimal mungkin angkut eceng gondok yang masih bisa dijangkau alat," ujar Nicolas.

Terlepas dari segala kendala yang ditemui di lapangan, Nicolas memastikan petugas UPK Badan Air Penjaringan rutin membersihkan eceng gondok yang bisa dijangkau dari waduk.

Menurut Nicolas, petugas bisa mengangkut lima sampai enam truk berisi eceng gondok bercampur sampah dari Waduk Pluit.

"Itu langsung kita bawa ke Bantargebang semuanya," kata Nicolas.

Diberitakan sebelumnya, Waduk Pluit yang berada di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, ditumbuhi eceng gondok.

Pantauan TribunJakarta.com, eceng gondok tumbuh secara terpencar di sisi selatan waduk. Tanaman itu mengapung bersama dengan hamparan sampah plastik yang juga tampak ada di permukaan air Waduk Pluit, meski jumlahnya terbilang sedikit.

Kemunculan eceng gondok sudah terjadi sejak bulan Desember 2018 lalu.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul : Pendangkalan Air Jadi Penyebab Sulitnya Petugas Bersihkan Eceng Gondok dari Waduk Pluit

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas