Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gerhana Matahari Cincin

Warga Jakarta Antusias Melihat Gerhana Matahari Cincin di Planetarium

Di Jakarta gerhana tidak terlihat penuh, tapi hanya 70 persen dan matahari akan terlihat berbentuk bulan sabit.

Warga Jakarta Antusias Melihat Gerhana Matahari Cincin di Planetarium
ISTIMEWA
Warga Jakarta antusias menyaksikan fenomena alam, Gerhana Matahari Cincin dari Planetarium. Di Jakarta gerhana tidak terlihat penuh, tapi hanya 70 persen dan matahari akan terlihat berbentuk bulan sabit. 

Laporan wartawan magang Yosi Vaulla Virza
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Ribuan warga Jakarta padati Planetarium, Taman Marzuki untuk meyaksikan Gerhana Matahari, Kamis (26/11/2019). Meski cuaca sempat mendung dan tertutup awan, pengunjung tampak tetap antusias melihat melihat fenomena gerhana matahari cincin kali ini.

Dari pantauan terlihat pengunjung sibuk mengantri untuk melihat gerhana matahari melalui teleskop yang disediakan oleh Pihak Planetarium Jakarta. Ada sekitar 12 teleskop yang disediakan yang diletakkan pada posisi yang berbeda.

Baca: Doa saat Terjadi Gerhana Matahari Cincin Hari Ini, Lafalkan Berulang hingga Habisnya Gerhana

Selain dengan teleskop pengunjung juga bisa langsung melihat gerhana matahari dengan menggunakan kacamata khusus yang dibagikan oleh pihak planetarium secara gratis.

Baca: Gerhana Matahari Cincin Bikin Warga di Riau Antusias: Tiba-tiba Alam Gelap, Saya Sempat Merinding

Terlihat sebagian besar pengujung adalah anak sekolah yang sedang berlibur sekolah. Ada juga orang tua yang membawa anaknya berlibur, dan juga orang dewasa yang berlibur bersama temannya.

Ani, salah satu pengunjung yang memang sengaja datang ke Planetarium untuk melihat fenomena gerhana matahari ini. Perempuan berkerudung ini datang berempat dengan temannya menggunakan motor,pukul 10 pagi.

Ia mengaku datang lebih awal karena sangat antusias dengan fenomena ini, menurutnya hal seperti ini sangat jarang dan langka terjadi.

Baca: Foto-foto Gerhana Matahari Cincin 2019 di Berbagai Belahan Dunia, dari Indonesia hingga India

" Iya sengaja datang kesini mau lihat gerhana, sama temen-temen ber 4. Kapan lagi mau lihat, ini kan jarang terjadi ya jadi manfaatkan moment ini," ujar Ani.

Hal yang senada disampaikan oleh Nikmah, perempuan asal Jakarta Utara ini mengaku sangat antusias dan tertarik untuk melihat fenomena gerhana matahari ini.

Menurutnya dengan melihat hal ini juga bisa menambah pengetahuan tentang astronomi yang sebelumnya tidak diketahui olehnya dan pengujung lainnya.

Baca: Lantai Kelas Berdebu, Atap bocor

" Seneng banget, ini kan jarang terjadi ya jadi waktu tau ini dari berita langsung aja kesini ajak temen-temen. Tadi udah lihat pake teleskop cantik banget kelihatannya," ujar perempuan berusia 35 tahun ini.

" Dengan adanya ini juga bisa nambah pengetahuan tentang ini, soalnya tadi kita juga bisa sedikit nanya-nanya sama petugas yang jaga teleskop itu," lanjutnya.

Baca: Ustaz Yusuf Mansur Bagikan Penampakan Gerhana Matahari Cincin, Terlihat Jelas

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri, gerhana matahari di Jakarta terjadi pada pukul 12.36 WIB. Di Jakarta gerhana tidak terlihat penuh, tapi hanya 70 persen dan matahari akan terlihat berbentuk bulan sabit.

Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas