Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Banjir di Jakarta

Anies Belum Keluarkan Status Tanggap Darurat Bencana, Mensos: Tapi Jokowi Sudah Perintah Jajarannya

Anies Baswedan belum tetapkan status tanggap darurat bencana padahal Ridwan Kamil dan Gubernur Banten sudah. Ini tanggapan Mensos Juliari Batubara.

Anies Belum Keluarkan Status Tanggap Darurat Bencana, Mensos: Tapi Jokowi Sudah Perintah Jajarannya
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Menteri Sosial Juliari Batubara 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga kini belum mengeluarkan status tanggap darurat bencana untuk banjir di DKI Jakarta.

Status tersebut memungkinkan pemerintah pusat untuk ikut turun tangan membantu penanganan banjir serta para korban.

Meski Anies belum menetapkan status tersebut, Menteri Sosial Juliari Batubara menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan jajarannya untuk turun ke lapangan.

Dilansir Tribunnews.com, hal ini disampaikan Juliari dalam tayangan Breaking News unggahan YouTube metrotvnews, Kamis (2/1/2020).

Awalnya, Juliari menyebut sebenarnya dalam undang-undang pihak di luar pemerintah daerah baru boleh campur tangan ketika sudah ada status tanggap darurat bencana dari kepala daerah.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 3 Tahun 2016 Pasal 1, dikutip dari situs BNPB.

"Status tanggap darurat bencana adalah keadaan ketika ancaman bencana terjadi dan telah mengganggu kehidupan dan penghidupan sekelompok orang/masyarakat," bunyi peraturan tersebut.

Ketua DPP PKB Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana Marwan Dasopang saat melakukan kunjungan wilayah terdampak banjir bersama Menteri Sosial Juliari Batubara di Kawasan Cipinang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).
Ketua DPP PKB Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana Marwan Dasopang saat melakukan kunjungan wilayah terdampak banjir bersama Menteri Sosial Juliari Batubara di Kawasan Cipinang, Jakarta, Kamis (2/1/2020). (HO/Tribunnews.com)

Jika kondisi bencana banjir di DKI Jakarta sudah sesuai dengan status tanggap darurat bencana, maka seharusnya Anies menetapkan status tersebut.

"Memang aturan perundangan yang berlaku untuk setiap bencana itu pertama harus daerah tersebut, kepala daerah tersebut, menetapkan status tanggap darurat," ujar Juliari.

Dengan ditetapkannya status tersebut, maka pemerintah pusat maupun lembaga terkait diizinkan secara resmi untuk ikut menangani.

Halaman
123
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas