Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Banjir di Jakarta

Tak Maksimal Atasi Banjir, Waduk Baru di Sepanjang Aliran Kali Cipinang Ditata Ulang 

Pemkot Jakarta Timur akan menata ulang empat waduk baru yang dibangun di sepanjang aliran Kali Cipinang, Ciracas karena tak maksimal tangani banjir.

Tak Maksimal Atasi Banjir, Waduk Baru di Sepanjang Aliran Kali Cipinang Ditata Ulang 
Tribunnews/Jeprima
ILUSTRASI. Warga melintasi banjir yang merendam kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Jumat (19/2/2021). Akibat hujan lebat yang mengguyur Ibu Kota Jakarta sejak Jumat dini hari kawasan Cipinang Melayu kembali terendam banjir setinggi 2 meter. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemkot Jakarta Timur akan menata ulang waduk yang dibangun di sepanjang aliran Kali Cipinang, Ciracas.

Pasalnya waduk tersebut belum memberi manfaat maksimal mengatasi masalah banjir

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan pihaknya akan menata ulang Waduk Kaja, karena tak mampu menahan air lebih banyak.

"Jangan sampai ini waduk tidak bermanfaat ketika air kali Cipinang meluap, makanya harus ditata ulang," katanya, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Puluhan PSK Belia dan Pria Hidung Belang Terjaring Penggerebekan di Hotel, Ada yang Reaktif Covid-19

Waduk Kaja nantinya akan dikeruk 3-5 meter lebih dalam agar dapat menampung air lebih banyak.

Pasalnya, saat ini Waduk Kaja hanya memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter.

"Ini harus segera dilakukan agar nantinya tak ada lagi genangan air di pemukiman warga akibat meluapnya air kali Cipinang," katanya. 

Baca juga: Polisi Ungkap Jual Beli Airsoft Gun Sistem COD di Tanjung Priok, Harganya 2,3 Juta per Unit

Selain itu Anwar juga berkoordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur menyediakan pompa mobile di sekitar Waduk Kaja yang akan ditempatkan di masing-masing RW.

Pasalnya pintu air yang ada di Waduk Kaja tidak berfungsi dengan maksimal sehingga tak ada kendali untuk mengatasi debit air khususnya ketika saat musim hujan. 

“Ini supaya air yang masuk dapat disedot dan dibuang ke Kali Cipinang,” ungkapnya.

Baca juga: Toko Tanaman Disatroni Maling, 35 Tanaman Hias Raib, Korban Iklas Rugi Belasan Juta Rupiah

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta membangun empat waduk di sepanjang aliran Kali Cipinang yakni Waduk Cimanggis, Waduk Kaja, hingga Waduk Rambutan 1 dan 2. 

Namun waduk dengan nilai puluhan miliar rupiah untuk mengatasi banjir itu seakan tak berguna dimana bulan Februari 2021 kemarin air meluap dari aliran Kali Cipinang.

Pemukiman warga berada di sekitar aliran Kali Cipinang di kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Rambutan, Dukuh, Kramat Jati, Makasar, hingga Halim Perdanakusuma tergenang. 

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Gagal Atasi Banjir, 4 Waduk yang Baru Dibangun di Sepanjang Aliran Kali Cipinang Bakal Ditata Ulang

Ikuti kami di
Editor: Theresia Felisiani
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas