Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Dinkes DKI: Rusun Nagrak Siap Jadi Tampung Pasien Covid-19 Hingga Kapasitas 2.500 Tempat Tidur

Saat ini Dinkes DKI bersama tim satgas provinsi dan pihak BNPB masih meninjau Rusun Nagrak dan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Dinkes DKI: Rusun Nagrak Siap Jadi Tampung Pasien Covid-19 Hingga Kapasitas 2.500 Tempat Tidur
Warta Kota/Henry Lopulalan
Petugas mempersiapkan ruangan rawat inap Pasien Covid-19 di Tower 8 Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (15/6/2021). Tower 8 RSD Wisma Atlet Kemayoran dapat menampung 1.569 pasien Covif-19 dan dapat juga dipakai untuk ruang Isolasi Mandiri pasien tanpa gejala. Hal ini untuk persiapan bila ada meningkatnya pasien Covid 19 usai liburan lebaran (mudik). *Warta Kota/Henry Lopulalan) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan Rusun Nagrak di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, tengah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien kasus Covid-19, termasuk jika Wisma Atlet Kemayoran penuh.

Saat ini Dinkes DKI bersama tim satgas provinsi dan pihak BNPB masih meninjau dan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan.

"Untuk yang di Rusun Nagrak sedang kami siapkan," kata Widyastuti kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Ia menyebut Rusun Nagrak dapat dikembangkan hingga kapasitas tampung 2.500 tempat tidur. Namun untuk tahap awal akan diproyeksikan menampung 1.000 tempat tidur.

"Nagrak itu bentuknya rusun yang baru pertama, kemarin baru kita tinjau dari tim Dinkes maupun tim satgas provinsi dan BNPB itu sementara untuk 1.000. Tapi nanti bisa dikembangkan sampai 2.500," tuturnya.

Baca juga: Tower 8 Wisma Atlet Dan 5 Tower di Rusun Nagrak Cilincing Akan Difungsikan untuk Rawat Pasien OTG

Selain Rusun Nagrak, Pemprov DKI disebut juga mengaktifkan kembali beberapa wisma sebagai upaya antisipasi lonjakan keterisian tempat tidur di fasilitas kesehatan maupun Wisma Atlet.

Baca juga: Tower 8 Wisma Atlet Dan 5 Tower di Rusun Nagrak Cilincing Akan Difungsikan untuk Rawat Pasien OTG

Antara lain wisma di Ragunan, dan Taman Mini. Kedua lokasi wisma itu disebut sudah pernah dipakai sebelumnya namun saat ini sedang kosong.

"Ada beberapa wisma yang sebenarnya sudah pernah dipakai, disiapkan oleh DKI Jakarta yaitu di wisma di Ragunan, Taman Mini itu sudah pernah dipakai. Kemarin kan kosong, sekarang dengan penuhnya wisma atlet kita buka kembali. Jadi bukan baru, tapi kita aktifkan kembali," ujar dia.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas