Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tak Hanya Olahraga, Hadirnya Jakarta International Stadium Dorong Peningkatan Industri Kreatif

Jakarta International Stadium merupakan stadion berstandar FIFA dan dibangun dengan konsep green building pertama di Indonesia

Tak Hanya Olahraga, Hadirnya Jakarta International Stadium Dorong Peningkatan Industri Kreatif
ist
PEMBANGUNAN JIS – Jakarta International Stadium (“JIS”), wajah baru Jakarta, sebuah infrastruktur hasil karya arsitektur anak bangsa yang inovatif, berstandar internasional, berwawasan lingkungan, dan merefleksikan masyarakat Indonesia yang inklusif 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bukan hanya meningkatkan sportifitas dan fair game melalui olahraga, Jakarta International Stadium  atau JIS juga dapat mendorong industri kreatif melalui fasilitasnya.

"JIS bukan hanya diperuntukkan bagi masyarakat di Ibukota saja, melainkan untuk seluruh masyarakat yang tinggal di pelosok Indonesia maupun di belahan dunia,” kata Direktur Proyek Jakarta International Stadium, Iwan Takwin dalam webinar “Satu Atap, Satu Bangsa, #StadionKita”, webinar tentang Sepak Bola dan Manfaat JIS Bagi Pertumbuhan Masyarakat dan Industri Kreatif, Sabtu (24/7/2021). 

Dikatakannya, Jakarta International Stadium merupakan stadion berstandar FIFA dan dibangun dengan konsep green building pertama di Indonesia.

JIS telah mampu meraih skor greenship platinum grade untuk design and build dari lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI).

"Stadion ini menerapkan teknologi inovasi renewable energy atau energi terbarukan yang bersifat hemat energi," katanya.

Baca juga: Stadion JIS Cetak Sejarah di Indonesia Gunakan Burung Kaki Bayam

Penerapannya menggunakan teknologi panel surya dan zero run off, dilengkapi dengan konsep water conservation atau penghematan penggunaan air, dan penyediaan sensor monitoring CO2 pada ruangan-ruangan yang memiliki kepadatan tinggi.

Harapannya, JIS dapat mendukung Jakarta sebagai kota yang layak huni dan berkelanjutan (Livable City), seperti visi transformasi Gubernur DKI Jakarta.

JIS memiliki kapasitas sebesar 82.000 orang dan merupakan salah satu stadion termegah di dunia.

Laporan Daily Mail pada 20 Februari 2021, JIS masuk dalam 10 stadion termegah di dunia.

JIS masuk dalam daftar ke-10 setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca.

Baca juga: Teknologi Digital Twin NTT Ciptakan Stadion Terbesar di Dunia untuk Tour de France

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas