Tribun

Pensiun Jadi Gubernur Tahun Tahun Depan, Anies Baswedan: Orang Bebas, Saya Mau Keliling Indonesia

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menuturkan rencananya jika purna tugas bulan Oktober tahun 2022.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pensiun Jadi Gubernur Tahun Tahun Depan, Anies Baswedan: Orang Bebas, Saya Mau Keliling Indonesia
Dok Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Pemprov menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-494 Kota Jakarta, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusa, Selasa (22/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menuturkan rencananya jika purna tugas bulan Oktober tahun 2022.

Anies Baswedan diketahui dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2017, yang berarti masa jabatan lima tahun Anies akan selesai pada Oktober 2022.

Hal itu diungkap Anies setelah mendapatkan pertanyaan dari Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PAN, Zita Anjani yang menjadi moderator acara.

Dalam acara Workshop Nasional DPP PAN yang disiarkan di akun Youtube PAN TV, Rabu (6/10/2021), Zita Andani menanyakan rencana Anies setelah melepas jabatannya.

Anies Baswedan lantas menjelaskan, ia berharap seluruh pekerjaannya di DKI terlaksana.

"Oktober tahun depan, lima tahun tuntas. Saya hanya berharap semua yang dikerjakan di sini tuntas, sehingga orang percaya pada proses demokrasi. Karena saya ini calon gubernur yang tidak sengaja jadi calon gubernur."

"Bapak-bapak semua tahu semua prosesnya di sini, saya tidak pernah membayangkan bahwa akan menjadi calon gubernur di Jakarta. Dan yang bekerja untuk proses pemenangan kemarin barangkali banyak di antara Bapak-Ibu semua yang ikut terlibat, yang iurannya luar biasa, iuran tenaga," jelas Anies Baswedan.

Baca juga: Anies Ungkap Niat Maju Lagi Pilkada DKI Dituding Ketua DPRD Bohong, Begini Penjelasan Zita PAN

Lebih lanjut, Anies menuturkan rencananya keliling Indonesia setelah melepas jabatan Gubernur DKI.

"Jadi yang ada di benak saya adalah ini dituntaskan bisa lapor pada umat, lapor pada masyarakat, amanat, nih namanya sama nih, amanah sudah dijalankan dengan baik. Tuntas. Nah sesudah itu saya jadi orang bebas."

"Sambil orang bebas saya menikmati keliling ke mana-mana. Jadi nanti saya ingin, kalau boleh... kemarin kan tahanan kota lima tahun, jadi habis itu kalau sudah, saya keliling saja kemana-mana, di Indonesia, itu kira-kira," tegas Anies Baswedan.

Tak hanya itu, Anies Baswedan sejatinya ingin kembali bertarung di Pilkada DKI Jakarta jika tidak diundur ke tahun 2024.

Anies mengakui sudah mempersiapkan agar pada tahun terakhir masa jabatannya dimanfaatkan untuk kampanye jika Pilkada DKI masih diselenggarakan pada Tahun 2023.

“Dulu rencananya nanti tahun terakhir, (kalau ada pilkada tahun 2023), baru mulai kampanye,” ujar Anies.

Namun, kata Anies, Pilkada 2022 ditiadakan seperti yang tercantum dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 sehingga akan memanfaatkan momentum tersebut dengan terus bekerja menuntaskan program-program yang sudah dicanangkan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas