Tribun

2 SPBU Pertamina di Ciledug Ini Sebut Tak Tarik Biaya Toilet untuk Para Pelanggan

Usai postingan Erick tersebut, Tribunnews mencoba menelusuri sejumlah SPBU Pertamina di kawasan Ciledug, Tangerang.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
2 SPBU Pertamina di Ciledug Ini Sebut Tak Tarik Biaya Toilet untuk Para Pelanggan
Tribunnews.com/Reza Deni
SPBU Pertamina di kawasan Ciledug, Tangerang. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir meminta kepada direksi Pertamina agar seluruh fasilitas toilet atau kamar mandi di semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina tidak dipungut biaya alias digratiskan.

Erick mengatakan bahwa hal itu berlaku bagi SPBU yang dikelola langsung oleh Pertamina maupun yang berkerja dengan pihak swasta.

Usai postingan Erick tersebut, Tribunnews mencoba menelusuri sejumlah SPBU Pertamina di kawasan Ciledug, Tangerang.

Ada dua SPBU yang dipantau, yakni di kawasan Kreo Bates dan Larangan. Kedua SPBU Pertamina itu dikelola oleh pihak swasta

Pantauan di SPBU Kreo Bates, toilet umum di sana tidak dijaga oleh petugas kebersihan. Ada dua toilet yang bisa digunakan, sementara di depan pintu toilet, terdapat botol plastik yang diletakkan di atas kursi. Di dalam botol itu, terlihat lembaran uang.

"Kalau di sini memang tidak dijaga kamar mandinya. Dari saya kerja setahun lalu juga sama, kalau mau kasih (uang) ya silakan, enggak juga enggak apa-apa. Kesadaran saja," kata Rian seorang petugas SPBU yang tengah berisitirahat saat ditemui Tribunnews, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Sidak SPBU, Erick Thohir Minta Direksi Pertamina Gratiskan Fasilitas Toilet: Harus Diperbaiki

Rian sendiri sudah melihat video Erick yang meninjau toilet SPBU. Video itu juga sudah diketahui seluruh rekan kerjanya.

Dia menyetujui soal kamar mandi SPBU sebaiknya tak dipungut biaya, karena hal tersebut adalah fasilitas yang diberikan kepada pelanggan dan pengunjung SPBU.

"Tapi kurang paham juga apa ada aturannya harus bayar, misalnya buat buang air kecil dan besar Rp2 ribu. Terus buat mandi Rp4 ribu kalau lihat di videonya kan ya," tambah Rian.

Di lokasi SPBU kedua yang ada di Larangan, toiletnya berada di dekat kantor para pegawai. Di sana juga terdapat musala dan tempat wudu.

Berbeda dengan tempat sebelumnya, di SPBU Larangan terdapat kotak kayu berukuran sedang dan berlubang semacam kotak amal yang ditempatkan di samping pintu masuk musala. Tertulis di atas kotak itu 'Kebersihan'.

SPBU Pertamina di kawasan Ciledug, Tangerang.
SPBU Pertamina di kawasan Ciledug, Tangerang. (Tribunnews.com/Reza Deni)

Yudi salah satu pegawai SPBU di sana, mengatakan bahwa tak ada petugas kebersihan yang menjaga atau menagih uang seusai menggunakan toilet.

"Setahu saya memang enggak dijaga ya, tapi kalau soal itu (bayar uang kebersihan) itu lebih baik tanya pimpinan saja," tandasnya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas