Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenko Marves Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai hingga Tanam Koral di Kepulauan Seribu

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kemenko Marves Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai hingga Tanam Koral di Kepulauan Seribu
Istimewa
Aksi bersih-bersih pantai, mangrove, dan koral di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (12/3/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melakukan kegiatan bersih-bersih sampah e-commerce di pantai, mangrove, dan koral di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Kegiatan ini berangkat dari data Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2020 yang menyebutkan 96 persen paket e-commerce dibungkus dengan bahan plastik.

Kemasan yang sering dijumpai antara lain selotip, plastik wrap, dan bubble wrap.




Sementara data Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), pandemi Covid-19 telah meningkatkan aktivitas jual beli online hingga 37 persen.

Peningkatan jual beli online ini juga berdampak pada peningkatan sampah.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kemenko Marves, Jodi Mahardi mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi dampak sampah pada lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Kita semua tahu bahwa solusi untuk tantangan global ini banyak dan memerlukan pertimbangan pendekatan sistemik terhadap berbagai sumber yang menghasilkan polusi, baik kontributor berbasis darat dan laut, dan kombinasi intervensi di berbagai sektor dan pada tingkat yang berbeda," kata Jodi dalam keterangannya, Sabtu (12/3/2023). 

BERITA TERKAIT

“Itulah mengapa kita semua, pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan organisasi masyarakat perlu bekerja sama dan mengoordinasikan upaya kita untuk mengatasi tantangan ini,” ujarnya.

Dalam kegiatan aksi bersih - bersih pantai ini, Kemenko Marves turut bekerja sama dengan Archipelagic and Island States (AIS) Forum, di bawah naungan United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, dan Lazada Indonesia selaku pihak e-commerce.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 relawan dari berbagai komunitas seperti Divers Clean Action, serta perwakilan dari beberapa Duta Besar negara partisipan AIS Forum, UNDP Indonesia, Kemenko Marves, dan Lazada Indonesia.

Baca juga: Atasi Masalah Sampah di Indonesia, EIGER Gandeng Lazada Kenalkan Kemasan Ramah Lingkungan

Para relawan memulai kegiatan bersih-bersih pantai, mangrove, dan koral, serta penanaman koral, di sekitar wilayah Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

“Kami senang bisa berkolaborasi dengan AIS Forum dan Kemenkomarves untuk menjalankan inisiatif lingkungan ini,” kata Vice President - Government Affairs Lazada Indonesia, Budi Primawan.

“Kami berharap kolaborasi ini juga bisa menjadi pendorong para pemangku kepentingan lainnya untuk bekerja sama memecahkan masalah-masalah lingkungan demi kelestarian alam Indonesia,” ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas