Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

8 Tahun Kematian Akseyna, BEM UI: Kasus Akseyna Jadi Bola Panas antara Kampus dengan Kepolisian

Mengenang delapan tahun kematian Akseyna, BEM UI gelar aksi simbolik, sebut kematian Akseyna merupakan kasus kemanusiaan yang tak kunjung usai.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in 8 Tahun Kematian Akseyna, BEM UI: Kasus Akseyna Jadi Bola Panas antara Kampus dengan Kepolisian
TribunJakarta
Kolase foto Aksi simbolik menuntut kejelasan delapan tahun kematian Akseyna Ahad Dori di Kampus UI, Beji, Kota Depok, Jumat (31/3/2023). Mengenang delapan tahun kematian Akseyna, BEM UI gelar aksi simbolik, sebut kematian Akseyna merupakan kasus kemanusiaan yang tak kunjung usai. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengenang delapan tahun kematian Akseyna Ahad Dori, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menggelar aksi simbolik, Jumat (31/3/2023). 

Aksi simbolik ini berlokasi di Taman Lingkar area Perpustakaan UI,dimulai sekira pukul 16.00 WIB, dan berakhir menjelang waktu berbuka puasa.

Selesai acara, Ketua BEM UI Melki Sedek Huang, mengatakan, kematian Akseyna merupakan kasus kemanusiaan yang tak kunjung usai.

"Sebenarnya kasus meninggalnya Akseyna delapan tahun yang lalu itu kami anggap sebagai kasus kemanusiaan yang tak kunjung selesai di UI," ujar Melki di lokasi, Jumat (31/3/2023).

"Sekarang jadi bola panas yang sangat liar antara pimpinan kasus UI dan kepolisian, ketika kami coba untuk menanyakan ke UI, UI selalu bilang bahwa sekarang teman-teman menuntut pada kepolisian," timpalnya.

Sementara ketika ditanya ke pihak kepolisian, Melki bilang yang bersangkutan justru menuturkan bahwa pihak UI menutup pintu hingga terbatasnya gerak penyelidikan.

"Jika kita kemudian menanyakan kepada kepolisian mereka selalu mengatakan bahwa UI itu menutup pintu sehingga kita gak bisa gerak banyak soal kasus Akseyna," ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI

Lebih lanjut, Melki berujar pihaknya juga sudah mendatangi keluarga almarhum Akseyna.

"Rupanya keluarga korban sepakat bahwa mereka butuh UI buka suara, dan segera berkas yang ada di kepolisian itu segera diselesaikan," tuturnya.

Atas kondisi tersebut, Melki bilang pihaknya menuntut keras pada dua pihak, yakni kepolisian dan pihak Kampus UI, agar kasus kematian Akseyna bisa dituntaskan.

Baca juga: Respons Sang Ayah Tanggapi Aksi Simbolik dan Doa Bersama bagi Akseyna di Danau Kenanga UI

Aksi solidaritas untuk almarhum Akseyna Ahad Dori, Selasa (29/3/2022).
Aksi solidaritas untuk almarhum Akseyna Ahad Dori, Selasa (29/3/2022). (TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Aksi Simbolik 8 Tahun Kematian Akseyna, Mahasiswa UI Tuntut Kepolisian dan Kampus Segera Tuntaskan

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas