Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menelusuri Keindahan Jakarta Lewat Goresan Cat Akrilik Remaja Berkebutuhan Khusus Daffa Airotama

Sebagai anak pertama dari tiga bersaudara, perjalanan artistik Daffa mencapai puncaknya dalam sebuah pameran yang memukau berjudul "Jakarta: Dalam Pel

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Menelusuri Keindahan Jakarta Lewat Goresan Cat Akrilik Remaja Berkebutuhan Khusus Daffa Airotama
Istimewa
Pelukis muda berbakat Daffa Airotama Kumara (kiri) bersama mentornya, Kak Toto dari Credo Art Space saat menggelar pameran tunggal yang menampilkan warna-warni Jakarta di Studio Outsider Art Jakarta di Mitra Hadiprana Boutique and Mall, Jl. Kemang Raya No.30 Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelukis muda berbakat Daffa Airotama Kumara menggelar pameran tunggal yang menampilkan karya-karya lukisnya tentang keindahan Jakarta di studio Outsider Art Jakarta di Mitra Hadiprana Boutique and Mall, Jalan Kemang Raya 30 Jakarta Selatan.

Ada puluhan koleksi lukisan yang dia tampilkan dalam pameran yang berlangsung 13 sampai 28 Januari 2024 ini.

Tema lukisan menampilkan ragam pemandangan dan keunikan Jakarta berikut dengan hiruk-pikuk dan kemacetannya. 

Daffa bercerita tentang halte bus Transjakarta, Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah, LRT Jakarta, hingga Pasar Bunga Rawabelong.

Di sejumlah lukisan lain Daffa juga melukis tentang kuliner khas Jakarta dan kuliner yang jadi ikon kawasan di Jakarta seperti kerak telor dan gule tikungan (gultik) di Jakarta Selatan. 

Di beberapa lukisan, Daffa yang merupakan pelukis berkebutuhan khusus juga menampilkan suasana Jakarta di malam hari seperti warna-warna langit.

BERITA TERKAIT

Seluruh karya lukis dia ini dituangkan di atas kanvas menggunakan cat akrilik dengan sentuhan warna-warna yang berani dan colorful.

"Karya tulisan dia bergaya naif dekoratif, gaya kekanak-kanakannya kuat. Ada 30-an karya yang dipamerkan. Daffa ini sangat produktif melukis, tergantung kanvas dan cat yang disediakan," ujar Kak Toto, mentor sekaligus pengarah Daffa dalam melukis saat berbincang dengan media di Outsider Art, Sabtu, 13 Januari 2024.

Baca juga: 64 Lukisan Karya Jeihan yang Dibuat Sejak tahun 50-an hingga 2016 Dipamerkan di Ubud

Toto mengatakan, Daffa biasa melukis dengan tema-tema yang diarahkan. Dia suka juga melukis potret.

"Lukisan potretnya banyak dikoleksi beberapa pejabat seperti Pak Jusuf Kalla. Gaya melukisnya karikaturis. Seharian dia bisa melukis 1 lukisan. Dia juga begitu detail," ungkap Toto.

Dia mengatakan, pameran tunggal kali ini sudah direncanakan sejak 3 tahun lalu. Persipan produksi riil karya-karya lukisnya dilakukan selama 10 bulan. Sementara, persiapan properti pameran dilakukan selama 3 bulan.

Soal perannya dalam mendorong Daffa melukis, Toto mengatakan, "Tugas saya adalah menggali, mencari tahu kelebihan-kelebihan yang dimiliki yang di mata orang lain dianggap sebagai suatu kekurangan, untuk menghasilkan karya-karya yang ajaib."

Toto menambahkan, pelukis berkebutuhan khusus seperti Daffa tidak terikat teori-teori seni manapun saat melukis, begitu juga soal harga kanvas dan sebagainya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas