Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dianulir, 51 Siswa Lulusan SMPN 19 Depok yang Terlibat Pencucian Nilai Rapor Kini Sekolah di Swasta

Sejumlah orangtua murid SMPN 19 Depok yang gagal masuk SMA negeri berharap anaknya bisa tetap diterima lewat jalur optimalisasi.

Editor: Erik S
zoom-in Dianulir, 51 Siswa Lulusan SMPN 19 Depok yang Terlibat Pencucian Nilai Rapor Kini Sekolah di Swasta
TribunnewsDepok.com/M Rifqi Ibnumasy/Warta Kota/M Rifqi
Kolase SMPN 19 Depok dan kepala sekolah Nenden Eveline Agustina 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK-  51 siswa lulusan murid SMPN 19 Depok yang dianulir masuk SMA negeri kini telah masuk di sekolah swasta.

Puluhan calon peserta didik (CPD) tersebut kelulusannya dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) dianulir karena ketahun pencucian nilai rapor.

Sejumlah orangtua murid SMPN 19 Depok yang gagal masuk SMA negeri berharap anaknya bisa tetap diterima lewat jalur optimalisasi.

Baca juga: 51 Siswa Lulusan SMPN 19 Depok Dianulir Masuk SMAN Karena Pencucian Nilai Rapor, Ini Jawaban Kepsek




"Ada beberapa (orangtua) juga yang masih menanyakan terkait dengan (jalur) optimalisasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Sutarno kepada Kompas.com, Jumat (19/7/2024).

Sutarno mengungkapkan, menurut mereka, kuota optimalisasi bisa menjadi opsi agar anak-anaknya dapat tetap diterima di sekolah negeri, khususnya bagi keluarga ekonomi tidak mampu (KETM).

"Sehingga ada beberapa anak yang notabene 51 (siswa) itu bisa masuk di sana ataupun siswa-siswa lain, lebih khususnya yang kurang mampu juga bisa masuk di sekolah negeri, melalui kuota yang dioptimalisasi tersebut," ujar Sutarno. Akan tetapi, aspirasi itu masih dikaji oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris.

"Namun, dalam hal ini kan baru permintaan dari masyarakat di Kota Depok, yang tadi juga aspirasinya disampaikan ke kepala daerah," jelas Sutarno.

BERITA TERKAIT

"Ini perkembangan baru tadi, jadi semuanya memang betul, semua kan masih dalam perkembangan terus," tambahnya.

Masuk sekolah swasta

Sebanyak 51 calon peserta didik (CPD) yang dianulir masuk SMA negeri karena perkara manipulasi nilai rapor sudah masuk sekolah swasta.

"Tadi pagi sudah dapat informasi bahwa semua anak yang kemarin teranulir atau dibatalkan 51 siswa itu sudah terdapat di SMA swasta semua," kata Sutarno.

Sutarno mengungkapkan, informasi itu diperoleh melalui koordinasi dengan wali kelas masing-masing siswa terkait di SMP-nya.

Baca juga: Skandal Pencucian Nilai Rapor 51 Siswa Lulusan SMPN 19 Depok Agar Lolos PPDB: Katrol Nilai 20 Persen

"Namun perlu kami cek secara langsung terkait yang terakhir, apakah memang sudah ataupun belum. Tapi informasi dari pihak wali kelas itu sudah masuk semua," tutur Sutarno.

Pemeriksaan ulang itu dilakukan demi memastikan tidak ada siswa yang terabaikan setelah gagal masuk sekolah negeri.

"Saya juga lagi memantau terus supaya menjamin bahwas anak-anak itu seluruhnya sudah terfasilitasi bisa masuk ke SMA swasta," ujar Sutarno.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas