motogp-mandalika

Cegah Demam Berdarah

Klop, Langkah Sinergis Cegah DBD di MotoGP Mandalika Ini Patut Diapresiasi

Di tengah pandemi Covid-19, kewaspadaa akan kasus DBD diimbau menjadi perhatian masyarakat yang menonton gelaran MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok.

BizzInsight
zoom-in Klop, Langkah Sinergis Cegah DBD di MotoGP Mandalika Ini Patut Diapresiasi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Penumpang pesawat setibanya di Bandara Internasional Lombok (BIL), Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (14/3/2022). PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memperkirakan adanya peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Lombok hingga 5 kali lipat seiring dengan gelaran MotoGP Mandalika 2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Ajang balap internasional MotoGP 2022 akhirnya selesai dan sukses digelar di sirkuit Mandalika, Lombok pada 18-20 Maret 2022.

Guna mendukung akomodasi para pengunjung dalam gelaran MotoGP 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah memastikan ketersediaan 300 sarana hunian pariwisata (sarhunta) di kawasan Mandalika.

Sarhunta tersebut dapat menjadi alternatif akomodasi yang nyaman bagi para wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan para rider favorit mereka di MotoGP.

Sarhunta yang dibangun oleh pemerintah telah dilengkapi sejumlah fasilitas penginapan seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam.

Selain itu, hunian dalam sarhunta tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Sebanyak 300 sarhunta sudah siap menyambut MotoGP," imbuh Sandiaga, dikutip dari Tribunnews 11 Maret 2022 lalu.

Waspada DBD di NTB

Ilustrasi nyamuk demam berdarah
Ilustrasi nyamuk demam berdarah (Shutterstock)

Selain memperhatikan penerapan protokol kesehatan secara ketat, kewaspadaan akan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) juga diimbau menjadi perhatian masyarakat yang menonton gelaran MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok.

Pasalnya, menurut data Pemprov Nusa Tenggara Barat, jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) Provinsi NTB pada Semester I Tahun 2021 tercatat sebanyak 4168 orang dan 32 meninggal dunia di 175 kabupaten/kota.

Terlebih, perubahan cuaca di musim penghujan yang tidak menentu seperti saat ini juga turut memicu timbulnya jentik nyamuk pada setiap titik genangan air.

Dinas Kesehatan Lombok Tengah pun mencatatkan kasus DBD di Lombok Tengah mencapai 15 orang per tanggal 26 Januari 2022.

Untuk itu, masyarakat juga diimbau melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) selama di Mandalika, Lombok.

enesis di mandalika
Pejabat Bidang Deputi Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Oni Olfian, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Loteng H Lendek Jayadi dan para pelaku sarhunta hadir dalam Sosialisasi Dukungan Enesis Group di Mandalika, Jumat (18/3/2022).

Enesis dukung penerapan CHSE dan pencegahan DBD di Lombok

Melansir rilis yang diterima Tribunnews, Senin (21/3/2022) Dinas Kesehatan Lombok Tengah dan jajaran Polsek Kawasan Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah telah melaksanakan fogging di 20 dusun di seluruh Desa Kuta untuk mencegah penularan DBD di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Turut mendukung keamanan dan kenyamanan masyarakat sekaligus para wisatawan, Enesis Group juga turut mendukung penerapan CHSE di sekitar Lombok, terutama Mandalika, termasuk dalam upaya mencegah penularan DBD di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Sebagai contoh, Enesis melalui Soffell pun turut ambil bagian dengan membagikan healthy kit di 300 sarhunta di Desa Kuta, Lombok, untuk mendukung pola hidup bersih dan sehat para penonton MotoGP 2022 maupun wisatawan.

Healthy kit yang dibagikan tersebut berisikan beberapa produk dari Enesis Group di antaranya yaitu hand sanitizer Antis, suplemen makanan Amunizer untuk membantu tingkatkan daya tahan tubuh, minyak angin aromatherapy Plossa, dan tak ketinggalan produk penolak nyamuk Soffell.

Tak hanya itu, healthy kit juga turut dibagikan ke 25 restoran di sekitar bandara, Mandalika, dan Senggigi untuk mendukung kewaspadaan akan bahaya DBD di tengah penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini juga masih cukup mengkhawatirkan.

Langkah ini menjadi bentuk komitmen dari Enesis Group untuk mengantisipasi masyarakat dan juga wisatawan yang akan menyaksikan perhelatan MotoGP 2022 dari risiko gigitan nyamuk Aedes aegypti. Dengan begitu, Enesis Group juga turut berkontribusi dalam menyukseskan perhelatan event balap motor internasional tersebut.

Jumat (18/3/2022) lalu, Pejabat Bidang Deputi Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Oni Olfian, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Loteng H Lendek Jayadi dan para pelaku sarhunta hadir dalam Sosialisasi Dukungan Enesis Group di Mandalika.

“Saya berpesan pada seluruh pelaku sarhunta untuk memanfaatkan bantuan yang ada, mari kita manjakan tamu-tamu kita, sehingga mereka datang kembali,” kata Kepala Dinas.

Sementara itu, Pejabat Bidang Deputi Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Oni Olfian mengapresiasi tinggi antisipasi dini terkait Covid-19 dan nyamuk damam berdarah dilakukan Enesis Grup.

“Terima kasih Enesis Grup yang telah membantu menjaga kesehatan dan kebersihan di bidang pariwisata,” kata Oni.

Pada kesempatan yang sama, Elkana Lewerisa, Ketua Yayasan Enesis Indonesia mengatakan bahwa komitmen untuk bersinergi bersama pemerintah dalam mengutamakan kesehatan masyarakat sudah flakukan dari kegiatan vaksinasi, dukungan prokes saat WSBK 2021, dan sekarang pun saat MotoGP 2022 berlangsung.

enesis di mandalika 2
Booth Enesis Group di area sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

“Sebagai bentuk dukungan terhadap hunian yang memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan (CHSE) yang ditentukan oleh Kemenpar, kami menyediakan healthy kit yang nanti bisa menjadi salah satu fasilitas yang membuat wisatawan pun merasa nyaman ketika menginap di hunian ini. Healthy kit kami berisikan produk yang bisa menjadi one stop solution bagi kesehatan” ujar Elkana.

Tak ketinggalan, Soffell pun memperagakan uji ampuh nyamuk dengan mengoleskan Soffell ke tangan sebagai edukasi pencegahan DBD melalui 3M Plus, yakni Menutup, Menguras, Mendaur ulang dan Menggunakan anti nyamuk.

Yuk, cegah penularan DBD terhadap diri dan orang-orang tersayang! Dapatkan produk Soffell di Minimarket, dan Hypermarket terdekat, juga di Enesis Official Store di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya.

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Bardjan

Ikuti kami di

Klasemen

1

Fabio Quartararo

Monster Energy Yamaha MotoGP
211
2

Francesco Bagnaia

Ducati Lenovo Team
201
3

Aleix Espargaro

Aprilia Racing
194
4

Enea Bastianini

Gresini Racing MotoGP
163
5

Jack Miller

Ducati Lenovo Team
134
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas