Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Marzuki Alie akan Dipidanakan Terkait Gedung Baru DPR

Tim Advokasi Koalisi CSO Bersama Rakyat, berencana akan memidanakan Ketua DPR RI Marzuki Alie

Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Marzuki Alie akan Dipidanakan Terkait Gedung Baru DPR
Rancangan gedung baru DPR 
Laporan WartawanTribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Advokasi Koalisi CSO Bersama Rakyat, berencana memidanakan Ketua DPR RI Marzuki Alie. Alasannya, politisi asal Partai Demokrat tersebut mengeluarkan pernyataan yang dinilai telah mendiskreditkan rakyat.

Menurut anggota Tim Advokasi, Janses E Sihaloho, dalam acara jumpa pers yang digelar di Bakoel Coffe, Jakarta, Marzuki Ali telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan ketika mengatakan pembangunan gedung baru DPR RI adalah urusan elite, dan rakyat jelata jangan dilibatkan.

"Statement itu perbuatan tidak menyenangkan bagi warga negara, yang telah divonis orang bodoh tidak tahu apa-apa," tutur Janses, dalam jumpa pers yang digelar di Bakoel Coffe, Jakarta, Minggu (3/4/2011), siang.

Selain memenuhi unsur perbuatan tidak menyenangkan, Marzuki, menurut Janses juga telah melakukan perbuatan melawan hukum, dan menciderai rasa keadilan masyarakat.

"Rencana gugatannya tengah dibahas oleh tim," ucapnya. Selain akan dipidanakan, Marzuki, juga akan dilaporkan ke Badan Kehormatan DPR RI.  "Ada rencana juga melaporkan ke Badan Kehormatan," katanya.

Menurut Sekjen Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Seknas Fitra Uchok Sky Kadafi, perkataan Marzuki sangat memalukan.

Marzuki, menurutnya tak layak mengatakan urusan pembangunan gedung DPR RI, hanya urusan elite saja, karena pembangunan tersebut menggunakan uang rakyat yang berasal dari pajak.

"Pernyataanya sangat memalukan, karena pembangunan gedung, uangnya bukan dari elite saja. Pajak juga ditanggung rakyat," katanya.

Seperti diberitakan, Marzuki, sempat menyatakan, bahwa pembangunan Gedung baru DPR RI, layaknya dibicarakan diantara kaum elite, akademisi, semata, dan tak sepatutnya dibahas bersama rakyat.

Pernyataannya itu keluar ketika diminta tanggapannya oleh wartawan terkait wacana dilakukannya survei pendapat masyarakat terhadap rencana pembangunan gedung baru DPR RI.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas