Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPR Minta BPK Audit Penggunaan PNBP Polri

Trimedia memperkirakan, salah satu penggunaan PNBP mengalir ke simulator SIM yang kini bermasalah dan tengah diselidiki KPK.

Penulis: Srihandriatmo Malau
zoom-in DPR Minta BPK Audit Penggunaan PNBP Polri
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Trimedia Panjaitan, mendorong Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit khusus terhadap penggunaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Polri. Khususnya, PNBP dari Korlantas Polri.

"Nah, ini yang ke depan atau sekarang, kami sebenarnya mengusulkan supaya diadakan audit terkait penggunaan (PNBP) di Lantas," ujar politisi PDI Perjuangan kepada wartawan, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (5/10/2012).

Audit menjadi penting, karena 'gudang' PNPB Polri yang terbesar masuk dari Korlantas. Menurutnya, audit khusus ini bisa mengungkap penggunaan BNPB Polri selama ini kemana saja.

Trimedia memperkirakan, salah satu penggunaan PNBP mengalir ke simulator SIM yang kini bermasalah dan tengah diselidiki KPK.

Audit khusus juga penting dilakukan, karena selama ini Komisi III kurang mengawasi penggunaan PNBP Polri.

"Pemungutan langsung dari masyarakat itu kan juga melalui PNPB, kurang pengawasan. Polri, yang paling banyak menghasilkan uang kan Lantas," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Herry Purnomo menyebutkan, Polri setiap tahun mendapatkan PNBP sebesar Rp 3 triliun. (*)

BERITA TERKAIT

BACA JUGA

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas