Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Simpan Narkoba di Pembalut, Febiola Dituntut 15 Tahun Penjara

Narkoba membawa petaka. Itulah yang akhirnya dirasakan sejumlah kurir narkoba, salah satunya Febiola yang hendak menyelundupkan narkoba

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Simpan Narkoba di Pembalut, Febiola Dituntut 15 Tahun Penjara
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Tersangka membawa barangh bukti untuk dimusnahkan, saat acara pemusnahan barang bukti di kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta Timur, Senin (5/11/2012). BNN memusnahkan barang bukti narkotika jenis shabu seberat 1.772,2 gram dari dua tersangka dan kasus yang berbeda. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Narkoba membawa petaka. Itulah yang akhirnya dirasakan sejumlah kurir narkoba, salah satunya Febiola yang hendak menyelundupkan narkoba jenis heroin dengan menyembunyikannya di dalam pembalut yang melekat di celana dalamnya.

"Atas perbuatannya, Terdakwa dituntut 15 tahun Pidana Penjara dan denda 1 miliar," ujar Jaksa Penuntut Umum pengganti, Amanda saat membacakan tuntutan dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (5/11/2012).

Menurut Jaksa Penuntut Umum, perbuatan Febiola telah sesuai dengan ketentuan Pasal 114 ayat (2) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan dasar bahwa Febiola merupakan kurir yang hendak mengirim barang haram tersebut ke Hangzhou, China.

Adapun isi Pasal tersebut intinya menyebutkan, dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I, dalam bentuk bukan tanaman beratnya 5 gram, pelaku  dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau  pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah sepertiga.

Dalam pembacaan Tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum menguraikan, Febiola membawa heroin seberat 541 gram yang diselipkan di dalam pembalut untuk mengelabui petugas keamanan.

"Terdakwa juga membawa uang tunai 11 ribu yuan (mata uang China). Terdakwa ditangkap pada tanggal 1 Februari 2012 di China," ucap Amanda.

Atas tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum, Febiola melalui tim Penasihat Hukumnya akan mengajukan Pledoi (Nota Pembelaan) pada persidangan selanjutnya.

BERITA REKOMENDASI

Majelis Hakim yang dipimpin oleh Bagus Irwan pun segera mengetuk palu menandakan persidangan dengan agenda pembacaan tuntutan ini usai.

"Sidang dilanjutkan pada hari Kamis, tanggal 8 November 2012 dengan mendengarkan Pledoi dari pihak Terdakwa," kata Bagus Irawan.

Klik:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas