Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko Polhukam Bantah Dua Jurnalis Ditembak Peluru Tajam

Menko Polhukam membantah kedua jurnalis terkena peluru tajam polisi yang mengamankan aksi demonstrasi di kedua daerah tersebut.

Penulis: Srihandriatmo Malau
zoom-in Menko Polhukam Bantah Dua Jurnalis Ditembak Peluru Tajam
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Polisi menembakkan gas air mata dan menyemprotkan air dari mobil water cannon, untuk membubarkan para demonstran yang berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di sekitar Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2013). Aksi unjuk rasa yang dilakukan massa gabungan mahasiswa dan buruh, berujung bentrok. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, angkat suara terkait dua wartawan yang menjadi korban saat meliput aksi demonstrasi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Diberitakan sebelumnya, terjadi penembakan terhadap wartawan di dua daerah, yakni Jambi dan Ternate.

Menko Polhukam membantah kedua jurnalis terkena peluru tajam polisi yang mengamankan aksi demonstrasi di kedua daerah tersebut.




Djoko menegaskan, wartawan sebuah surat kabar di Ternate tidak ditembak peluru tajam, melainkan terkena peluru karet.

"Jadi saya klarifikasi. Barusan saya terima laporan dari Kapolri Jenderal Timur Pradopo, staf saya cek ke Ternate. Memang di Ternate ada yang kena peluru karet," ungkap Djoko di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/6/2013).

Sedangkan wartawan Trans7 di Jambi atas nama Anton, lanjutnya, terkena serpihan gas air mata, dan bukan ditembak peluru tajam.

"Menggunakan gas air mata, terkena serpihan yang mengenai wartawan dekat situ, bukan menembak wartawan begitu," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Sementara, Kapolri berjanji mengusut kejadian yang menimpa jurnalis Trans7 di Jambi, Nugroho Anton, saat meliput aksi demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi.

Diberitakan sebelumnya, seorang wartawan Trans7 bernama Nugroho Anton, diduga terkena selongsong peluru gas air mata yang ditembakkan polisi, untuk membubarkan aksi demonstrasi mahasiswa di Kantor DPRD Jambi, Senin siang.

"Pasti ada pemeriksaan," tegas jenderal bintang empat kepada wartawan, di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/6/2013).

Kapolri pun menyayangkan insiden itu.

"Nanti kami lihat permasalahannya seperti apa. Tapi, yang jelas tidak ada kesengajaan, itu pasti," ucapnya.

Kapolri menduga peristiwa itu terjadi karena dinamika di lapangan. Tapi yang jelas, menurutnya, sang jurnalis bukan terkena peluru tajam. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas