Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Level Bawah Harus Disejahterakan Agar tak Cari 'Tambahan'

Komjen Sutarman, jika menjadi Kapolri, harus memerhatikan kesejahteraan anggota Polri di jajaran bawah.

Penulis: Theresia Felisiani
zoom-in Polisi Level Bawah Harus Disejahterakan Agar tak Cari 'Tambahan'
NET
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Edi Saputra Hasibuan, meminta Komjen Sutarman, jika menjadi Kapolri, harus memerhatikan kesejahteraan anggota Polri di jajaran bawah.

"Harus ada perbaikan juga di tubuh Polri. Harus perbaiki kebijakan, agar polisi dalam tataran paling bawah seperti polsek dan patroli di lapangan, dicukupi kebutuhannya. Agar, mereka tak lagi harus mencari tambahan dengan menyalahgunakan kewenangannya," tutur Edi kepada Tribunnews.com, Senin (30/9/2013).

Selama ini, Edi menilai, bahan bakar minyak (BBM) untuk patroli setiap bulan hanya sebanyak 15 liter. Menurut Edi, ke depannya harus diberikan anggaran yang cukup. Kemudian, operasional di lingkup polsek hanya mendapat sekitar Rp 3 juta per bulan.

"Tentu ini tidak cukup, sehinga dampaknya ada kecenderungan selama ini mereka harus mencari tambahan dari masyarakat," ujar Edi.

Menurut Edi, hal tersebut tidak bisa dibiarkan oleh pimpinan Polri. Sebab, Polri harus mengubah kesan yang terbentuk selama ini, yakni bila berurusan dengan polisi, masyarakat harus mengeluarkan uang.

"Kita harus hilangkan kesan itu, agar kepercayaan masyarakat terhadap Polri bisa lebih baik," sarannya. (*)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas