Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKPU Bangun Co-Creation For Nation di Hari Jadi Ke-14

Konsep ini diadaptasi dari sebuah strategi bisnis dimana penciptaan produk/program baru melibatkan semua stakeholders

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in PKPU Bangun Co-Creation For Nation di  Hari Jadi Ke-14
Istimewa
CEO PKPU Agung bersama anak Palestina. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memperingati hari jadi ke-14 ini, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), lembaga sosial kemanusiaan membangun semangat yakni Cita Cita Akan Kemandirian atau Co-Creation for Nation. 

Konsep ini diadaptasi dari sebuah strategi bisnis dimana penciptaan produk/program baru melibatkan semua stakeholders pada produk tersebut.

Artinya apa dan siapa saja yang terlibat dengan aksi-aksi kemanusiaan PKPU akan berbagi pengalaman, konsep, pembelajaran dan cita-cita untuk mencipta sesuatu yang berdaya guna bagi kepentingan kemanusiaan.

"Semangat yang sama pernah dinyatakan saat PKPU lahir dari sekelompok anak-anak muda yang memiliki cita-cita mulia, membangun sebuah organisasi yang menjawab tantangan untuk bekerja atas nama kemanusiaan," kata Agung Notowiguno, CEO PKPU di Jakarta, Senin (9/12/2013).

Penciptaan sebuah program menjadi lebih daripada sekedar produk.  Setiap program akan berfokus pada cita-cita akan kemandirian sebuah bangsa.  PKPU bertekad memandirikan penerima manfaat tidak pernah berubah sedikit pun.

"Kerja-kerja nyata PKPU selama ini adalah sebuah keberpihakan kepada para marjinal, kaum lemah dan dhuafa, orang –orang yang memerlukan bantuan dan kesempatan untuk mencapai kemandiriannya. Mereka golongan produktif yang terancam putus sekolah, yang menderita sakit atau didera kemalangan karena bencana alam," katanya.

BERITA TERKAIT

Orang-orang ini adalah para pedagang yang kekurangan modal dan skill untuk meningkatkan kapasitas dirinya.  Orang-orang yang memiliki potensi besar untuk juga mampu memandirikan manusia lain.

Co-creation, sebuah penciptaan bersama antara semua stakeholders.  Agar tak ada lagi tekanan sebagai objek dari sebuah program yang tak diketahui kemujarabannya, tetapi semua pihak menjadi sebuah subjek dari sebuah program dan secara bersama-sama menjadi saksi sejarah dari sebuah kemandirian.
 
"Keinginan untuk mewujudkan Co-Creation for Nation ini telah dimulai sejak lama dengan merangkul banyak pihak, baik masyarakat umum maupun organisasi pada program-program PKPU, seperti program aksi kemanusiaan internasional PKPU di Kenya, Somalia, Philipina, Turki, Pakistan, Jepang, Suriah, India, Palestina, Ethiopia, Burkina Faso dan Myanmar," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas