Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat: Partai Bisa Saja Tunjuk Calon Menteri di Luar Kader

Profesional partai itu juga bisa dilihat dari orang-orang yang dipantau oleh partai.

Penulis: Randa Rinaldi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pengamat: Partai Bisa Saja Tunjuk Calon Menteri di Luar Kader
Tribunnews.com/Randa Rinaldi
Pengamat Politik CSIS J Kristiadi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Centre for Strategic of International Studies, J.Kristiadi berpendapat 16 profesional partai yang akan menduduki kursi menteri pada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla bukan sebagai ajang bagi-bagi jatah.

"Ini urusan universal kalau urusan profesional harus ada kompetensi, integriti, punya tanggung jawab sosial dan ini tentu tidak urusan partai juga,"ujar Kristiadi di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/9/2014) siang.

Kristiadi menuturkan meskipun Jokowi-JK menyediakan kursi untuk profesional partai, beberapa kriteria tetap menjadi penentuan. Profesional partai ini tidak hanya dari yang mempunyai jabatan baik sebagai ketua umum maupun kader.

Profesional partai itu juga bisa dilihat dari orang-orang yang dipantau oleh partai. Menurutnya partai bisa saja menunjuk orang-orang tersebut asalkan sejalan dengan agenda yang dijalankan.

"Misalnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tentang isu dan agendanya mendukung pertanian. Pokoknya ia mesti cari kader sendiri kalau ada tapi kalau tidak ada bisa dari luar partai yang sesuai dengan sagendanya," kata Kristiadi.

Kristiadi menambahkan kebijakan Jokowi untuk mengumumkan porsi 16 profesional partai yang akan diangkat sebagai menteri ini dinilai sangat perlu. Tujuannya sebagai transparansi kepada rakyat yang telah memilihnya menjadi presiden untuk periode lima tahun mendatang.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas