Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buntut Penenggalaman Kapal, Vietnam Protes Tiongkok Minta Penjelasan

Kebijakan tegas ini menurut Kemenlu untuk memberikan efek jera pada pencuri ikan.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Buntut Penenggalaman Kapal, Vietnam Protes Tiongkok Minta Penjelasan
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Anggota TNI AL memantau penenggelaman kapal milik nelayan asing di Perairan Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (5/12/2014). Sebanyak tiga kapal milik nelayan vietnam yang ditangkap TNI AL ditenggelamkan sebagai sikap tegas pemerintah Indonesia terhadap aksi pencurian ikan yang merugikan negara hingga Rp 300 Trilyun pertahunnya. TNI AL mengerahkan empat Kapal Perang Indonesia (KRI) diantaranya KRI Sultan Hasanuddin, KRI Sutedi Senaputra, KRI Todak, KRI Baracuda dan KN Bintang Laut milik Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla). TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga Kapal asal Vietnam yang terbukti melakukan Illegal Fishing (pencurian ikan) di perairan Indonesia ditenggelamkan TNI AL pada 5 Desember 2014 lalu. Akibat persitiwa itu, pemerintah Vietnam melalui Kedubes-nya di Jakarta melayangkan protes.

"Ada (protes), kalau nggak salah dari Vietnam karena kapalnya sudah ditenggelamkan," kata Direktur Deputi Ekonomi, Keuangan dan Kooperasi Pengembangan Kementerian Luar Negeri Tumpal MH Hutagalung di kantornya, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (18/12/2014).

Selain itu, pemeri‎ntah Tiongkok juga mempertanyakan kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI itu ke Kementerian Luar Negeri. Hal ini terkait ditangkapnya kapal nelayan Tiongkok yang diduga mencuri ikan di wilayah perairan RI.

"Terakhir Dubes Tiongkok menghadap meminta penjelasan, berikutnya masalah ABK-nya. Terkait penangkapan kapal-kapal itu, ada beberapa negara yang protes ya kita kasih penjelasan. Awalnya dari KKP‎ itu ada dua kapal Tiongkok, tapi ternyata kapal Indonesia, hanya separuhnya itu WN Tiongkok. Kapalnya bendera Indonesia, isinya orang Tiongkok," ujarnya.

‎Tumpal menjelaskan, Pemerintah RI tidak akan menenggelamkan semua kapal asing yang masuk tanpa izin, termasuk kapal 'manusia kapal'. Sasaran kebijakan ini adalah kapal asing yang melakukan penangkapan ikan di Indonesia secara ilegal dengan tujuan komersil.

"Ini kan tergantung jenis kapalnya. Kalau kapal untuk komersial, kita sita apalagi nggak ada izin. Kalau kapal tradisional itu nggak kita sita atau ditenggelamkan. Kita bebaskan," kata Tumpal.

Kebijakan tegas ini menurut Kemenlu untuk memberikan efek jera pada pencuri ikan. Pemerintah mengklaim kapal asing pencuri ikan menurun sejak kebijakan ini diberlakukan.

BERITA REKOMENDASI

"‎At least, kebijakan ini berefek, banyak kapal asing nggak berani masuk ke Indonesia dan ini membantu nelayan yang biasa tangkap ikan di perairan Indonesia, efeknya sudah terasa," kata Tumpal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas