Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lakukan Promosi Pesawat Tempur Rafale Tunjukkan Kehebatan di Lanud Halim

Kedua Rafale terdiri dari varian B (kursi ganda) dan C (kursi tunggal) datang dalam rangka promosi kepada Indonesia

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Lakukan Promosi Pesawat Tempur Rafale Tunjukkan Kehebatan di Lanud Halim
Angkasa /Suharso Rahman
Dua jet tempur Angkatan Udara Perancis (Armée de l’Air) Dassault Aviation Rafale tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pukul 11.00 WIB, Senin (23/3/2015). 

TRIBUNNEWS.COM.JAKARTA - Dua jet tempur Angkatan Udara Perancis (Armée de l’Air) Dassault Aviation Rafale tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pukul 11.00 WIB, Senin (23/3/2015).

Kedua Rafale terdiri dari varian B (kursi ganda) dan C (kursi tunggal) datang dalam rangka promosi kepada Indonesia terkait rencana Kementerian Pertahanan akan membeli jet tempur buru sergap baru untuk menggantikan peran F-5E/F Tiger II Skadron Udara 14 yang telah mengabdi lebih tiga dekade di TNI Angkatan Udara.

“Rafale datang hari ini dan akan melaksanakan promosi di Lanud Halim Perdanakusuma,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Hadi Tjahjanto kepada Angkasa . Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung Dwatmatsu menambahkan, Rafale akan melaksanakan pertunjukan statik maupun dinamik di Halim mulai besok hingga tanggal 27 Maret. “Perancis akan memperlihatkan kehebatan Rafale. Sampai hari apa, nanti kita lihat kondisi cuacanya. Tapi rencananya sampai tanggal 27 Maret di sini,” ujar Danlanud Halim.

Salah satu staf kedutaan Perancis mengatakan kepada Angkasa, Rafale akan mempertunjukkan performanya di udara Halim mulai besok (Selasa), dihadiri para undangan dari internal TNI AU.

“Mereka akan terbang tiga kali sehari,” ujarnya. Sedangkan Rabu, (25/3/2015) undangan terdiri dari para pejabat VIP kementerian, industri pertahanan, dan tamu undangan lainnya. “Tanggal 27 tim Rafale akan melaksanakan presentasi secara khusus di Mabes TNI/TNI AU,” tambahnya.

Jet tempur sayap delta ber-canard yang sudah teruji dalam perang di Libya (2011) ini datang ke Indonesia usai melaksanakan pameran di LIMA (Langkawi International Maritime & Aerospace) ‘15 Exhibition di Malaysia 17-21 Maret lalu. Selain digunakan oleh Perancis, Rafale juga telah mendapat pembeli pertama di luar negara, yakni Mesir. Sementara di India, Rafale masih berkompetisi ketat dengan Eurofighter Typhoon.

10 menit aksi di udara

BERITA TERKAIT

Rafale tiba di Halim diikuti dengan pendaratan unit Airbus A400M dua jam kemudian di Halim. Pesawat angkut terbaru ini membawa kru teknisi dan pilot lainnya. “Jumlah totalnya sekitar 40 orang,” tambah staf kedutaan Perancis. “Nanti malam satu pesawat tanker juga akan turut mendarat di sini,” tambahnya.

Tags:
Sumber: Angkasa
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas