Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Buka Lahan Pertanian 10 Ribu Hektare di Merauke

Pemerintah akan membuka lahan 10 ribu hektare di Merauke, Papua. Upaya ini dilakukan untuk merealisasikan program lumbung padi nasional.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Y Gustaman
zoom-in Pemerintah Buka Lahan Pertanian 10 Ribu Hektare di Merauke
Tribun Jogja/Singgih Wahyu
ILUSTRASI LAHAN PERTANIAN: Petani di Desa Wahyharjo, Kecamatan Lendah, tengah menyemprot tanaman padinya dengan pembasmi hama wereng. Sereangan hama tersebut telah merusak sekitar 100 hektar lahan pertanian di desa tersebut. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Imanuel Nicolas Manafe

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan pemerintah akan mengawali program lumbung padi nasional dengan membuka lahan seluas 10 ribu hektare di Kabupaten Merauke, Papua.

"Dicoba dulu 10 ribu (hektare untuk lumbung padi nasional). Bupatinya siap ya lanjutkan, ini khusus Merauke," ujar Marwan kepada wartawan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/6/2015) malam.

Marwan mengatakan, pengelolaan lahan pertanian di Merauke saat ini sudah bisa dikatakan sukes, lantaran bisa mempekerjakan sekitar 275 ribu orang baik transmigran maupun warga asli Papua.

"Sekarang di Merauke saja untuk mempekerjakan petani dan transmigran ada 275 ribu lebih transmigran yang bekerja di bidang pertanian, artinya kan sukses," kata Marwan.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengungkapkan akan memulai program lumbung padi nasional dengan membuka lahan seluas 250 ribu hektare pada tahun ini, kemudian dilanjutkan secara bertahap sampai 2018.

"Diharapkan dengan produksi rata-rata per hektare, kami mendapatkan 7,1 ton seperti itu setiap hektare dan ini nantinya diharapkan bisa memenuhi 30 persen daripada total kebutuhan beras indonesia," kata Romanus.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas