Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Jubir Kemendikbud: Grand Desain Kebijakan Full Day School Belum Terlihat

Ibnu Hamad menilai wacana kebijakan sekolah seharian penuh atau full day school adalah sesuatu yang positif. Tapi...

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Mantan Jubir Kemendikbud: Grand Desain Kebijakan Full Day School Belum Terlihat
kfk.kompas.com
Gagasan full day school untuk pendidikan dasar yaitu SD dan SMP untuk sekolah negeri dan swasta menuai respon penolakan, salah satunya dari Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra. Full Day School dinilai dapat merampas hak bermain anak-anak. 

‎Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan juru bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ibnu Hamad menilai wacana kebijakan sekolah seharian penuh atau full day school adalah sesuatu yang positif.

Namun menurut Ibnu, kebijakan full day school tersebut belum jelas dalam penerapannya nanti. Menurutnya, harus ada grand desain atas kebijakan full day school tersebut.

"Dinantikan grand desain dari full day school itu. Grand desain full day school itu belum terlihat," kata Ibnu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8/2016).

‎Ibnu menuturkan, sarana dan prasarana di sekolah juga harus dipersiapkan untuk mendukung kebijakan full day school bila jadi diterapkan. Ia mencontohkan adalah toilet yang tentunya harus dipastikan aman dan nyaman untuk siswa.

"Setiap siswa pasti kerap ke toilet selama di sekolah‎, maka itu kamar mandi di sekolah-sekolah harus dipastikan baik," tuturnya.

Yang tak kalah penting dalam penerapan full day school adalah katering makan untuk siswa. Pasalnya siswa yang menjalani waktu belajar lebih lama tentu membutuhkan asupan makanan yang cukup agar tetap fokus dalam menerima pelajaran.

BERITA TERKAIT

"‎Katering makanan juga harus disediakan, harus ada yang menanggung.‎ Nanti siapa yang tanggung itu di dana BOS tidak ada," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas