Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ini Aplikasi Berbasis Web yang Tampilkan Data Bencana Banjir di Indonesia

Aplikasi ini dibangun untuk berbagi hasil riset banjir RDI terkait informasi kejadian banjir historis dan risiko banjir untuk wilayah DKI Jakarta

Ini Aplikasi Berbasis Web yang Tampilkan Data Bencana Banjir di Indonesia
Istimewa
PT MAIPARK Indonesia juga melakukan MOU dengan BMKG (Badan Meteorologi, Kimatologi dan Geofisika). Kerjasama yang bersifat umum, utamanya terkait dengan dengan weather based insurance, Peningkatan capacity building baik itu untuk industri asuransi maupun BMKG. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banjir merupakan peristiwa alam yang biasa dan kerap terjadi dimanapun, namun bila berdampak pada keberlangsungan dan aktivitas manusia, banjir menjadi bencana dan mengganggu bahkan timbul kerugian di masyarakat.

Beberapa dekade terakhir telah terjadi peningkatan jumlah kejadian banjir yang mengakibatkan kerusakan yang signifikan.

Dampaknya dapat lebih parah seiring pertumbuhan penduduk dan perkembangan wilayah pemukiman di daerah rawan banjir dan mengganggu siklus hidrologi.

Karenanya bila kita mengetahui data-data terkait bencana banjir, maka paling tidak  bisa dilakukan antisipasi dan minimalisasi dampak yang ditimbulkan.

Terkait dengan hal itu, PT Reasuransi MAIPARK Indonesia meluncurkan MAIPARK Hydra- aplikasi berbasis Web yang menampilkan data mengenai banjir di Indonesia, bersamaan dengan dilaksanakannya simposium tentang banjir yang kedua kalinya, dengan tema perubahan iklim (climate change).

Baca: Banjir, Dua Keluarga WNI Mengungsi ke KJRI Houston

Simposium ini dilaksanakan di MAIPARK Ballroom, Gedung Permata Kuningan, Jakarta dan dihadiri oleh Direktur Teknik beserta underwriter dari seluruh perusahaan asuransi, reasuransi di Indonesia.

Direktur Utama PT Reasuransi MAIPARK Indonesia, Yasril Y. Rasyid, terlepas dari strategi pencegahan banjir, pendekatan baru untuk mengakomodasi peningkatan risiko banjir diperlukan untuk menciptakan solusi berkelanjutan.

"Juga memungkinkan untuk mengatasi perkembangan wilayah perkotaan yang terus meningkat terutama di daerah rawan banjir serta munculnya ketidakpastian yang disebabkan oleh perubahan iklim," katanya.

Dalam simposium, dipaparkan  hasil studi dari Tim Riset Banjir Jakarta terkait bencana banjir, sekaligus memperkenalkan MAIPARK – Hydrology Analysis (HYDRA), aplikasi berbasis Web yang dikembangkan oleh Research and Innovation (RDI) Group, PT Reasuransi MAIPARK Indonesia,”papar Yasril.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas