Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wiranto Jamin Impor Ratusan Senjata oleh Polri Tak Ganggu Keamanan Nasional

Wiranto menegaskan impor senjata yang dilakukan oleh Polri tidak akan mengganggu keamanan nasional.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Wiranto Jamin Impor Ratusan Senjata oleh Polri Tak Ganggu Keamanan Nasional
henry lopulalan/henry lopulalan
ANGGOTA FATP-------Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan dan Ketua Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (Komite TPPU )Wiranto ketika jumpapres persiapan menjadi anggota Financial Action Task Force on Money Laundering ( FATF). di Kantor PPATK Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Selasa(29/8/2017). Indonesia berharap mejadi anggota tetap FATF karena akan dilibatkan dalam hal penguatan keputusan-keputusan, aturan-aturan yang terkait dengan tindak pidana pencucian uang. Tindak pidana pendanaan terorisme dan juga hal yang lain, menuju sistem keuangan kita yang lebih terintegritas.-------Warta Kota/henry lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan impor senjata yang dilakukan oleh Polri tidak akan mengganggu keamanan nasional.

"Satu hal, bahwa tidak ada satu hal yang menyebabkan gangguan keamanan nasional. Itu dulu saya jamin, peristiwa ini," kata Wiranto usai mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2017).

Wiranto mengaku akan melakukan koordinasi internal untuk membahas masalah impor senjata ini.

Dirinya tidak ingin ada pihak yang memanfaatkan situasi atau 'menggoreng' isu ini untuk dibesar-besarkan.

"Oleh karena itu stop dulu itu. Kami akan koordinasi internal, akan saya sampaikan kepada publik, saya akan sampaikan pasti," katanya.

Baca: IPW Bongkar Nama Importir yang Datangkan Ribuan Senjata Ilegal untuk Brimob

Lebih lanjut Wiranto menjelaskan, impor senjata memang dibutuhkan apabila tak ada produksi di dalam negeri.

BERITA TERKAIT

Namun demikian, impor senjata juga harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

"(Impor) Itu nanti kita bicarakan, ya impor ada, kalau kita enggak produksi ya kita impor, tapi yang bagaimana, untuk siapa, dananya dari mana, undang-undangnya bagaimana, kita semua sesuaikan, tapi enggak perlu kita bicarakan di publik," katanya.

Menurutnya masalah impor senjata tidak perlu menjadi komoditas publik.

Ia menambahkan, masalah ini pun akan diselesaikan dengan berkoordinasi bersama lembaga-lembaga yang terlibat dalam pengadaan senjata.

"Sebenarnya ya, hal-hal yang tidak perlu jadi komoditas publik, ada masalah-masalah yang perlu kita selesaikan dengan cara musyawarah mufakat, koordinasi," kata Wiranto.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, membenarkan informasi yang menyebutkan bahwa senjata yang berada di Bandara Soekarno-Hatta adalah milik instansinya.

Barang tersebut kini masih tertunda penyalurannya ke Korps Brimob.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas