Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolri Tegaskan Densus Tipikor Bakal Jadi Mitra KPK dan Kejaksaan

Kejaksaan dan KPK akan menjadi lembaga mitra Densus Tipikor dalam memberantas korupsi.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Sanusi
zoom-in Kapolri Tegaskan Densus Tipikor Bakal Jadi Mitra KPK dan Kejaksaan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan Pati Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/9/2017). Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melantik lima pejabat Polri yaitu Kapolda Jawa Barat, Kapolda Lampung, Kapolda Riau, Kapolda Sumatera Selatan, dan Kapolda Sulawesi Barat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, dibentuknya Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) tidak akan berujung pada pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dirinya juga membantah Densus Tipikor bakal mengurangi kewenangan Kejaksaan Agung.

Menurutnya, Kejaksaan dan KPK akan menjadi lembaga mitra Densus Tipikor dalam memberantas korupsi.

"Enggak. Tadi kan pertama kami sudah sampaikan, ini bukan bertujuan untuk membubarkan KPK. Tidak juga mengurangi kewenangan Kejaksaan. Kejaksaan di luar tim yang sudah disiapkan untuk mendukung densus ini, paralel, bermitra," kata Tito kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Kapolri menjelaskan, Densus Tipikor akan membagi tugas memberantas korupsi dengan KPK dan Kejaksaan Agung.

Tito mengklaim, KPK tidak mempersoalkan keberadaan Densus Tipikor. Hal ini mengingat masih banyaknya kasus korupsi di Indonesia sejak 15 tahun KPK berdiri.

"Hutan permasalahan korupsi ini kan luas. Lihat saja 15 tahun sudah berapa ribu orang ditangkap. Tapi juga belum selesai. KPK enggak masalah cuma mungkin yang penting pembagian tugasnya," kata Tito.

BERITA TERKAIT

Pembagian tugas yang dimaksud yakni KPK bisa menangani kasus-kasus besar dengan intervensi politik yang tinggi. Sementara Densus Tipikor bisa mengambil kasus-kasus yang kecil hingga tingkat desa.

"Sementara Densus ini bisa dari yang di pusat sampai tingkat desa-desa. KPK kan enggak mungkin menangani sampai ke desa-kecil, kecil sekali," katanya.

Dirinya menambahkan, Densus Tipikor nantinya juga akan menangani kasus-kasus korupsi yang dilakukan anggota Polri. Hal itu telah dilakukan Polri melalui unit Dittipidkor atau Saber Pungli.

"Selama ini kita juga tangani. Dari Polri sendiri menangani berapa orang itu. kemarin kasus yang melibatkan saber pungli 101 kalau enggak salah diproses juga, yang polisi. Kemudian ada juga saya lupa namanya, yang pangkat AKBP. ditahan, diproses hukum. Divonis. Enggak masalah," katanya.

Namun, Tito menyebut belum ada nota kesepahaman (MoU) antara Polri, Kejaksaan Agung dan KPK soal pembagian tugas tersebut. Tito menambahkan, pembahasan soal penanganan kasus korupsi antara 3 lembaga akan dilanjutkan pekan depan.

"Belum. Kami sudah punya MoU tapi tidak dibahas. Akan dilanjutkan minggu depan (23 Oktober 2017)," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas