Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penerbit Yudistira Minta Maaf Terkait Salah Kutip Ibu Kota Israel

Penerbitan Yudhistira, Djadja Subagdja menyampaikan permintaan maaf terkait kekeliruan dalam penyampaian informasi tentang ibukota Israel di buku IPS.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Penerbit Yudistira Minta Maaf Terkait Salah Kutip Ibu Kota Israel
TRIBUNNEWS.COM/FRANSISKUS ADHIYUDA
Wakil Ketua Umum Penerbitan Yudhistira, Djadja Subagdja menyampaikan permintaan maaf kepada publik terkait kekeliruan dalam penyampaian informasi dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang menyebutkan Yerusalem sebagai ibukota Israel. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Penerbitan Yudhistira, Djadja Subagdja menyampaikan permintaan maaf kepada publik terkait kekeliruan dalam penyampaian informasi dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang menyebutkan Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Permintaan maaf tersebut disampaikannya usai pertemuan dengan Komisi Perlindungan ANak Indonesia (KPAI) di kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2017).

"Tidak bermaksud apapun ataupun dengan kesengajaan pengakuan Yerusalem terhadap Israel. Ini benar-benari murni kesalahan pengutipan," kata Djadja Subagdja.

Sebagai bentuk pertanggung jawaban, pihak Yudhistira telah memberikan contok cetakan versi revisi dan akan melakukan pencetakan ulang hasil revisi buku IPS kelas enam tersebut.

Baca: Jokowi Sebut Hanya Mengamati Dari Jauh Faksi-faksi Besar yang Ada di Golkar

"Hari ini saya membawa satu contoh eksemplar buku cetakan baru yang akan didistribusikan sebagai bentuk pertanggung jawaban kesalahan kami," ujar Djadja Subagdja.

BERITA TERKAIT

Perbaikan tersebut, kata Djadja, dilakukan dengan pencetakan ulang dengan pengoreksian negara-negara Asia Barat di nomor tujuh, Tel Aviv merupakan Ibu kota Israel, dan di nomor 12, Yerusalem adalah ibukota Palestina.

"Kami telah melakukan Sebanyak lima ribu eksemplar telah selesai dicetak pada Jumat lalu," terang Djadja Subagdja.

Nantinya, Yudistira akan melakukan pendistribusian buku revisi tersebut mulai hari ini ke berbagai wilayah provinsi di Indonesia seperti Sumatra, Pulau Jawa, Sulawesi dan lain-lain.

"Kami akan sampaikan kepada siswa, yang lama ditarik dan diganti yang baru. Dikarenakan ini akhir tahun, dan banyak sekolah yang sudah libur bahkan bagi raport, dari Tim Marketing yang memiliki data distribusi akan mulai pendistribusian mulai awal semester," papar Djadja Subagdja.

Sebelumnya, pada Jumat (15/12/2017) lalu, pihak Yudhistira juga telah menyampaikan permohonaan maaf-nya kepada masyarakat Muslim khususnya melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas