Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demi Soeharto, Ayah Probosutedjo Dieksekusi Tentara Belanda

Di Kemusuk ada makam para pejuang Serangan Umum 1 Maret. Nama pemakamannya Somenggalan. Letaknya di Desa Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Demi Soeharto, Ayah Probosutedjo Dieksekusi Tentara Belanda
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO
Probosutedjo (kiri), adik kandung Mantan Presiden Soeharto, dan Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Soeharto, berdiri di dekat patung Soeharto setinggi 3,5 meter yang baru saja diresmikan di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (1/3/2013). Pada lahan seluas 3.800 meter persegi tersebut juga dibangun kembali rumah sejarah Soeharto sebagai penanda tempat kelahiran Presiden ke-2 Republik Indonesia tersebut. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sampai detik ini belum diperoleh informasi apa nama lokasi pemakaman jenazah Probosutedjo, di Kemusuk, Yogyakarta.

Di Kemusuk ada makam para pejuang Serangan Umum 1 Maret. Nama pemakamannya Somenggalan. Letaknya di Desa Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Di pemakaman itu, ada makam R Atmo Prawiro. Almarhum adalah ayah kandung Probosutedjo yang dieksekusi tentara Belanda karena bersikeras tidak memberitahukan informasi mengenai keberadaan Letkol Soeharto.

Belum lama ini, warga Desa Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, menggelar upacara dan ziarah tabur bunga memperingati Serangan Umum 1 Maret di komplek Makam Somenggalan, desa setempat, Rabu (28/2/2018).

Dipimpin Camat Sedayu, Fauzan Muarifin, upacara dihadiri berbagai unsur masyarakat mulai dari TNI-Polri, jajaran Muspika desa setempat, para veteran pejuang, pelajar, maupun masyarakat sekitar dusun Kemusuk.

Ikut hadir dalam acara itu kerabat Presiden kedua RI, Jenderal Besar HM Soeharto. Mereka adalah Soeharjo Soebardi dan istrinya serta anggota keluarga lainnya.

Baca: Kontes Adu Ganteng Dandani Daihatsu Dibuka, Surabaya Jadi Pertama

BERITA TERKAIT

Menurut informasi dari Cendananews.com, makam Somenggalan merupakan tempat pemakaman para pejuang asal dusun Kemusuk yang gugur mempertahankan kemerdekaan pada masa pendudukan tentara Belanda.

Di masa Agresi Militer II pada 1948-1949, khususnya saat menghadapi tentara Belanda yang datang ke dusun Kemusuk untuk mencari Presiden Soeharto, yang saat itu masih berpangkat letnan kolonel.

Tercatat ada sekitar 202 warga dusun Kemusuk yang gugur dan dimakamkan di makam Somenggalan.

Di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, juga ada Museum Soeharto.

Peresmian Museum Soeharto dilakukan tanggal 8 Juni 2013. Bangunan bersejarah berbentuk museum yang menyimpan memoar dan peninggalan-peninggalan Jendral Besar TNI Soeharto.

Museum ini berdiri di atas tanah milik Soeharto. Museum diresmikan oleh Probosutedjo, adik Soeharto, bertepatan dengan hari lahir Soeharto.

Museum ini dibangun di atas lahan seluas 3.620 meter persegi, untuk untuk mengenang jasa dan pengabdian Soeharto semasa hidupnya untuk bangsa Indonesia agar dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas