Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nyak Sandang,Penyumbang Pembelian Pesawat Pertama RI,Jalani Operasi Katarak

Nyak Sandang (91) menjalani operasi mata untuk mengangkat penyakit katarak di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat,

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Sanusi
zoom-in Nyak Sandang,Penyumbang Pembelian Pesawat Pertama RI,Jalani Operasi Katarak
ACT Aceh
Nyak Sandang saat sebelum menjalani operasi mata di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018) pagi ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nyak Sandang (91) menjalani operasi mata untuk mengangkat penyakit katarak di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pagi ini, Rabu (28/3/2018).

Humas relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) wilayah Aceh, Rahmat Aulia menjelaskan Nyak Sandang dioperasi oleh pihak dokter pada pukul 08.30 WIB.

“Dokter mengatakan operasi akan memakan waktu sekitar 30 menit,” ungkapnya.

Nyak Sandang yang sudah berada di RSPAD Gatot Soebroto sejak Kamis (22/3/2018) akan dioperasi oleh dokter Tjahjono D Gondhowiardjo yang ditemani dokter Subandono Bambang Indrasto selaku Kepala Departemen Mata RSPAD Gatot Soebroto.

Maturidi (50), keponakan Nyak Sandang yang juga relawan ACT Aceh mengungkapkan terimakasih kepada pihak rumah sakit dan juga Presiden Joko Widodo yang telah membiayai operasi Nyak Sandang.

“Kami selaku keluarga mengucapkan terima kasih atas pihak-pihak yang berjasa untuk mewujudkan operasi mata Nyak Sandang, terutama atas dukungan dan bantuan dari Bapak Presiden Joko Widodo.”

“Alhamdulillah keinginan beliau untuk kembali bisa membaca Al-Quran akan segera terwujud,” ungkap Maturidi.

BERITA TERKAIT

Nyak Sandang merupakan pemilik satu-satunya tanda bukti pemberian sumbangan rakyat Aceh kepada Pemerintahan Indonesia yang saat itu dipimpin Presiden Soekarno untuk membuat pesawat terbang pertama milik Republik Indonesia yang diketahui hingga saat ini.

Dari sumbangan rakyat Aceh itu kemudian berhasil diproduksi dua pesawat yang salah satunya diberi nama Dakota RI-001 Seulawah yang menjadi pesawat tebang pertama yang berhasil dibuat oleh perusahaan penerbangan niaga pertama di tanah air, Indonesia Airways yang menjadi cikal bakal perusahaan Garuda Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas