Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menghitung Peluang Aher, Zulhas, dan AHY Dampingi Prabowo

Jangan hanya karena berharap PKS, PAN, dan atau Partai Demokrat menjadi teman koalisi, lalu terjebak pada opsi cawapresnya

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menghitung Peluang Aher, Zulhas, dan AHY Dampingi Prabowo
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meninggalkan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (18/7/2018). Kedatangan Prabowo untuk menjenguk Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang sedang dirawat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jika ingin menang terhadap petahana Joko Widodo (Jokowi) di pertarungan kedua dalam Pilpres, Prabowo Subianto harus berhati-hati dalam menentukan figur Calon Wakil Presiden (Cawapresnya).

"Jangan hanya karena berharap PKS, PAN, dan atau Partai Demokrat menjadi teman koalisi, lalu terjebak pada opsi cawapresnya harus dari salah satu parpol itu," ujar Pengamat politik, Said Salahudin, kepada Tribunnews.com, Kamis (19/7/2018).

Dia menjelaskan, keinginan partai politik calon koalisi Gerindra untuk menempatkan kadernya sebagai pendamping Prabowo memang sangat beralasan.

Adanya faktor 'presidential effect', kata dia, menjadi alasan mendasar bagi mereka.

Tetapi parpol-parpol itu menurut dia juga perlu melihat target yang lebih besar dari pembentukan koalisi.

Koalisi itu mau mereka bentuk hanya sekedar untuk "ikut" pilpres atau mau "menang" pilpres? Demikian Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) ini memepertanyakan.

Kalau sekedar mau ikut pilpres, maka kata dia, nama Ahmad Heryawan (Aher), Zulfikifli Hasan (Zulhas) dan atau Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebetulnya bisa dengan mudah diputuskan lewat cara undian, misalnya.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Umum PAN, Zulhas, dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) cukup 'gambreng' bertiga, selesai urusan.

Tetapi kalau target koalisi ingin menang, tegas dia, maka masing-masing parpol perlu jujur dalam menakar kans dari masing-masing jagoannya.

"Saya sendiri menilai kalau Aher yang dipilih Prabowo, saya ragu pasangan itu nantinya bisa meraih suara yang signifikan," ujarnya.

Tetapi dia tidak meragukan ketokohan Aher. Dia sosok cerdas yang punya segudang prestasi.

Tetapi perlu dingat, dia mengingatkan, Pilpres itu lingkupnya nasional. Aher belum cukup dikenal oleh masyarakat di pelosok negeri.

"Namanya besar dalam cakupan yang terbatas. Di DKI Jakarta dan Jawa Barat, misalnya, nama Aher sangat tersohor," jelasnya.

"Etinisitas Aher yang berasal dari Suku Sunda juga menjadi alasan lain dari keraguan saya," katanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas