Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Megawati Soekarnoputri Ingatkan Pentingnya Pelestarian Budaya Bangsa

Event itu merupakan bukti nyata Pemerintah Kabupaten Tabanan menjaga dan melestarikan budaya yang dimiliki.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Megawati Soekarnoputri Ingatkan Pentingnya Pelestarian Budaya Bangsa
TRIBUNNEWS.COM/GLERY
Megawati Ingatkan Pentingnya Pelestarian Budaya Bangsa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri, mengapresiasi penyelenggaraan event Tanah Lot Art & Food Festival 2018 di Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, Tabanan, Bali.

Menurut dia, event itu merupakan bukti nyata Pemerintah Kabupaten Tabanan menjaga dan melestarikan budaya yang dimiliki.

Untuk itu, Ketua Umum PDI Perjuangan itu meminta agar event itu tak hanya dijalankan Pemerintah Kabupaten Tabanan, melainkan bisa diaplikasikan untuk daerah-daerah lain dengan gaya dan kemasan berbeda.

"Kalau event-event seperti ini diadakan minimal 2 bulan sekali, dan dengan logo acara yang sama, maka para turis itu akan datang sendirinya ke Indonesia tanpa melalui bentuk promosi yang sangat besar," kata Mega, dalam keterangan yang diterima wartawan, Selasa (21/8/2018).

Baca: Arsenal Membangun Tim dari Lini Belakang, Unai Emery Dapat Dukungan Ray Parlour

DIa menjelaskan, Warga Negara Asing (WNA) , selalu ingin mengetahui ciri khas yang ada dalam budaya bangsa Indonesia. Apalagi, kata dia, Bali sudah dikenal mancanegara, karena kekayaan akan potensi alam, kesenian dan kebudayaan yang menjadi daya tarik.

Namun, dia menegaskan, sebagai pribumi harus terus menjaga supaya nilai-nilai kearifan lokal tidak pernah hilang tergerus oleh budaya modern.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan kegiatan Tanah Lot Art & food Festival merupakan bentuk nyata dalam pengaplikasian ajaran Trisakti dari bung Karno, proklamator Republik Indonesia.

“Bagaimana berdikari di bidang ekonomi, rakyat menjadi pelaku dan penikmat dari festival dan juga berkepribadian secara sosial budaya, karena festival ini juga menampilkan tarian sakral karena dikemas dalam budaya yang menarik wisatawan sehingga dapat muri yang sifatnya dunia”. kata Eka.

Di kesempatan itu, dia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan acara tersebut sehingga mampu menarik wisatawan lebih dari 55 ribu orang.

Selain Megawati Soekarnoputri dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, turut hadir pula Guruh Seokarno Putra, Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Tabanan I KG Sanjaya, jajaran Muspida Tabanan serta Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Tabanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas