Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Captain Harvino Copilot Pesawat Lion Air JT610 Dikenal Sebagai Sosok yang Dermawan

Copilot pesawat Lion Air JT 610, Captain Harvino, dikenal sebagai sosok yang dermawan.

Editor: Samuel Febrianto

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Copilot pesawat Lion Air JT 610, Captain Harvino, dikenal sebagai sosok yang dermawan.

Captain Harvino menjadi korban saat pesawat Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10/2018) lalu.

Sejak informasi terkait insiden itu menyebar, tanpa koordinasi, warga sekitar rumah Captain Harvino, membantu mmebuat tenda, hingga menyediakan makanan bagi sanak famili yang datang.

Hari ke hari, tak surut, orang-orang yang tak dikenal pihak keluarga, satu per satu datang mengaku sebagai teman Captain Harvino.

Baca: Penampakan Black Box Lion Air JT-610 yang Ditemukan, Langsung Dimasukkan ke Kotak Berisi Air Laut

"Pas kaya gini, baru tahu ternyata temannya banyak banget, yang sayang sama dia," ujar adik Harvino, Vinni Wulandari, di kediaman Captain Harvino, Kompleks Green Park 2, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (31/10/2018).

Selain dari cerita teman-teman Captain Harvino, Vinni juga baru tahu dari media sosial, kalau kakaknya itu mengasuh anak yatim dan sering aktif di kegiatan amal.

Baca: 20 Psikolog Disiapkan untuk Dampingi Keluarga Korban Lion Air di RS Polri

Dari cerita temannya sesama pilot dan pekerja di air traffic control (atc), ternyata Captain Harvinojuga ikut menggalang dana untuk korban bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Selain galang donasi untuk korban bencana di Sulawesi Tengah, temannya dari alumni SMA 68 Jakarta, menceritakan bahwa Captain Harvino juga turut andil dalam pembangunan masjid di suatu daerah dan memiliki sejumlah anak asuh, yatim.

BERITA TERKAIT

"Terus saya juga baru tahu kalau dia punya anak yatim tuh saya baru tahu. Dia enggak pernah cerita-cerita masalah kaya gitu. Dia ada bangun masjid sama teman-teman dia di 68, itu juga saya baru tahu dari temannya," ujar Vinni.

Ramai tersebar di media sosial, sampai saat ini, kamis (1/11/2018), tentang Yayasan Munashoroh Indonesia (YMI) yang menggelar doa bersama untuk Captain Harvino.

Tulisan Adhi Azfar, ketua YMI dan alumni SMA 68 Jakarta, di blog YMI, www.munashoroh.org, bertuliskan soal kebaikan Captain Harvino yang sudah mengasuh 10 anak yatim di daerah Desa Nyamplung Sari, Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah.

Kapten beranak tiga itu juga terlibat dalam pembangunan mushola dan Rumah Qur'an di desa yang sama bersama alumni SMA 68 Jakarta.

Dikatakan dalam tulisan itu, mereka, para anak asuh dan warga sekitar yang turut merasakan manfaatnya, melangsungkan doa bersama untuk sang kapten. 

Sebanyak 10 anak asuh di Pemalang itu sudah tiga tahun dibiayai dana sekolah dan keperluan pendidikan lainnya oleh Captain Harvino.

Kakak Harvino, Novi Cahyadi, mengungkapkan, selain di Pemalang, ternyata, Captain Harvino juga mengasuh sejumlah anak yatim di Jakarta.

Ia enggan menyebutkan jumlah anak asuh tersebut, bukan karena alasan menyembunyikan, demi menjaga tangan kiri tak mengetahui pemberian tangan kanan.

"Saya bilang ya sudah nanti karena ini sudah berkelanjutan, keluarga akan terusin. Jadi kita kirim dana setiap bulan gitu," ujarnya di lokasi yang sama dengan Vinni.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Terungkap Sifat Dermawan Kapten Harvino Kopilot Lion Air, Bangun Masjid Hingga Asuh Anak Yatim, http://jakarta.tribunnews.com/2018/11/01/terungkap-sifat-dermawan-kapten-harvino-kopilot-lion-air-bangun-masjid-hingga-asuh-anak-yatim?page=2.
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Terungkap Sifat Dermawan Kapten Harvino

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas