Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Verifikasi Data Belum Dimulai, KNKT Masih Bersihkan Black Box Pesawat Lion Air PK-LQP

black box pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Senin (29/10/2018) lalu saat ini masih dilakukan pembersihan

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Verifikasi Data Belum Dimulai, KNKT Masih Bersihkan Black Box Pesawat Lion Air PK-LQP
Tribunnews/JEPRIMA
Petugas saat membawa Black Box (FDR) Lion Air JT 610 di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018). Black Box ditemukan dikedalaman 30 meter oleh tim penyelam TNI AL dari Batalyon Intai Amfibi dan akan dilakukan pengecekan di laboratorium KNKT. (Tribunnews/Jeprima) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Sebelum dilakukan pemindahan data, kotak hitam atau black box pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Senin (29/10/2018) lalu saat ini masih dilakukan pembersihan dan pemulihan atas Crash Surviveable Memory Unit (CSMU).

Proses pembersihan dan verifikasi data nantinya akan dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Laboratorium pusat KNKT yang terletak di kawasan Jakarta Pusat.

Wakil ketua KNKT Haryo Satmiko menjelaskan pada masa pembersihan dan pemulihan ini ada langkah-langkah khusus yang akan dilakukan.

“Untuk recovery setelah tercemplung di air kita harus melakukan treatment supaya informasi dari alat-alat elektronik di dalam memori bisa bersih dan bisa di download,” ungkap Haryo Satmiko di kantor KNKT, Jakarta Pusat, Jumat (2/11/2018).

Proses pembersihan black box dilakukan dengan pencucian menggunakan air tawar, yang kemudian dilakukan pemgeringan dengan alat khusus. 

Baca: Taufik Kurniawan Tuding Ada Upaya Rekayasa di Penahanan Dirinya Oleh KPK

Haryo menyebutkan untuk masa pengeringan akan memakan waktu 2x24 jam atau dua hari yang diharapkan dapat kering lebih cepat sehingga bisa mulai memasuki tahapan pemindahan data dari black box ke komputer.

BERITA TERKAIT

“Hanya kita mencoba lebih cepat mudah-mudaha  sudah kering karena mengggunakan alat semoga alat bekerja dengan baik kalau sudah kering dan nanti akan download data,” kata Haryo.

Baca: Data Lengkap Insiden Kecelakaan Lion Air dari Tahun ke Tahun

Untuk proses pemindahan data atau download data prosesnya seperti memindahkan data dari flashdisk ke komputer yang perkiraan durasinya mencapai 2 jam.

“Downlodnya tidak lebih dari dua jam untuk meng-copy seperti copy dari flash disk ke komputer kita,” ujar Haryo.

Nantinya dari hasil verifikasi data dari black box akan diketahui penyebab jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang pada Senin (29/10/2018) lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas