Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Tsunami di Banten dan Lampung

Jokowi beserta rombongan lepas landas menuju Kabupaten Pandeglang, menggunakan Helikopter EC725 Caracal milik TNI AU, pada pukul 09.00 WIB.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Tsunami di Banten dan Lampung
Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris
Presiden Joko Widodo saat berada di Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu, 23 Desember 2018. Presiden Jokowi mengimbau masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah Banten dan Lampung, untuk tetap tenang pascabencana tsunami di perairan Selat Sunda. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo bertolak ke Provinsi Banten meninjau penanganan pascabencana tsunami di Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/12/2018), melalui Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja Bogor, Jawa Barat, Jokowi beserta rombongan lepas landas menuju Kabupaten Pandeglang, menggunakan Helikopter EC725 Caracal milik TNI AU, pada pukul 09.00 WIB.

Setibanya di Kabupaten Pandeglang, Presiden langsung meninjau beberapa lokasi yang terdampak bencana tsunami.

Selain itu, Presiden akan mengunjungi beberapa puskesmas dan rumah sakit di Pandeglang yang jadi tempat perawatan para korban bencana tsunami.

Baca: 4 Kemungkinan Penyebab Tsunami di Selat Sunda Menurut Para Ahli

Dalam peninjauan ini, Presiden ingin memastikan bahwa penanganan dampak bencana tsunami dapat diselesaikan dengan cepat dan baik, terutama evakuasi korban dan adanya bantuan pelayanan kesehatan.

Kemarin saat memberikan keterangan pers di Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Presiden telah menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Sosial, Panglima TNI, hingga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan jajaran terkait untuk langsung terjun ke lapangan melakukan evakuasi dan pendataan.

"Saya juga telah memerintahkan untuk melakukan langkah-langkah darurat menemukan korban dan juga melakukan perawatan secepat-cepatnya," ucap Presiden.

BERITA TERKAIT

Turut mendamping Presiden dalam penerbangan menuju Kabupaten Pandeglang, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Brigjen TNI Maruli Simanjuntak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas