Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puisi Doa yang Ditukar - Fadli Zon Minta Maaf Kepada Mbah Moen, Akan Bertemu Langsung

Soal kontroversi puisi Doa yang Ditukar, Fadli Zon minta maaf kepada Mbah Moen, secara pribadi akan berkunjung. Fadli Zon juga menyampaikan klarifikas

Editor: Suut Amdani
zoom-in Puisi Doa yang Ditukar - Fadli Zon Minta Maaf Kepada Mbah Moen, Akan Bertemu Langsung
Twitter @fadlizon
Fadli Zon pamerkan foto kebersamaannya dengan Ulama Nadhlatul Ulama (NU), Kiai Haji Maimun Zubair atau Mbah Moen 

Soal kontroversi puisi Doa yang Ditukar, Fadli Zon minta maaf kepada Mbah Moen, secara pribadi akan berkunjung. Fadli Zon juga menyampaikan klarifikasi atas  puisi Doa yang Ditukar.

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon akhirnya memberikan klarifikasi dan meminta maaf secara resmi pda ulama NU K.H. Maimoen Zubair (Mbah Moen).

Dilansir oleh TribunWow.com, permohonan maaf tersebut tampak ia sampaikan melalui akun Twitter @fadlizon, Minggu (17/2/2019).

Fadli Zon mengaku dirinya difitnah menyerang Mbah Moen.

Padahal sudah sangat jelas ia menegaskan puisinya tidak ditujukan pada Mbah Moen.

Ia juga menyatakan sangat menghormati Mbah Moen, oleh karena itu, Faldi Zon meminta maaf apabila membuat Mbah Moen dan keluarga tidak nyaman, atas dampak yang ditimbulkan oleh memanasnya suasana politik yang ada..

Baca: Fadli Zon akan Temui Mbah Moen untuk Klarifikasi Puisi Doa yang Ditukar

Baca: Fadli Zon Telah Klarifikasi Puisi Doa yang Ditukar Kepada Keluarga Mbah Moen

Baca: Fadli Zon akan Temui Mbah Moen untuk Klarifikasi Puisi Doa yang Ditukar

Berikut pernyataan lengkap Fadli Zon mengenai hal tersebut.

BERITA TERKAIT

"Puisi sy, “Doa yang Ditukar”, hingga hari ini terus digoreng oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk menyebarkan fitnah dan memanipulasi informasi.

Sy difitnah sbg telah menyerang K.H. Maimoen Zubair melalui puisi tsb. Tuduhan tsb sangat tidak masuk akal, mengingat sy sangat menghormati K.H. Maimoen Zubair dan keluarganya.

Untuk menghindari agar fitnah tsb tak dianggap sbg kenyataan, saya merasa perlu untuk menyampaikan klarifikasi tertulis sbg berikut:

1) Sy sangat menghormati K.H. Maimoen Zubair, baik sbg ulama, maupun sbg pribadi yg santun dan ramah. Beberapa kali sy bertemu dengan beliau. Beberapa di antaranya kebetulan bahkan bertemu di tanah suci Mekah, di pesantren Syekh Ahmad bin Muhammad Alawy Al Maliki, di Rusaifah.

2) Di tengah pembelahan dikotomis akibat situasi perpolitikan di tanah air, sy sllu berpandangan agar penilaian kita thdp para ulama sebaiknya tdk dipengaruhi oleh penilaian atas preferensi politik mereka. Hormati para ulama sama sprti menghormati para guru atau orang tua kita.

3) Justru krn sy sgt menghormati K.H. Maimoen Zubair, sy tdk rela melihat beliau diperlakukan tdk pantas hanya demi memuluskan ambisi politik seseorang ataupun sejumlah orang. Inilah yg mendorong sy menulis puisi tsb. Sy tdk rela ada ulama kita dibegal n dipermalukan semacam itu.

4) Secara bahasa, puisi yg sy tulis tidaklah rumit. Bahasanya sengaja dibuat sederhana agar dipahami luas. Hanya ada tiga kata ganti dlm puisi tsb, yaitu “kau”, “kami” dan “-Mu”. Tak perlu punya keterampilan bahasa yg tinggi untuk mengetahui siapa “kau”, “kami” dan “-Mu” di situ.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas