Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunjungi UMRI, Panglima TNI Beri Kuliah Umum Soal Peran Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0

Hadi menyampaikan bahwa revolusi industri 4.0 adalah sebuah era yang diwarnai dengan berbagai kemajuan teknologi dengan kecepatan yang mengagumkan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kunjungi UMRI, Panglima TNI Beri Kuliah Umum Soal Peran Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0
Puspen TNI
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan kuliah umum di hadapan sekitar 500 mahasiswa dan Civitas Akademi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dengan materi “Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam Merawat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Di Era Revolusi Industri 4.0” di Gedung KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru, pada Rabu (13/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan kuliah umum di hadapan sekitar 500 mahasiswa dan Civitas Akademi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dengan materi “Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam Merawat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Di Era Revolusi Industri 4.0” di Gedung KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru, pada Rabu (13/3/2019).

Dalam kuliah umumnya, Hadi menyampaikan bahwa revolusi industri 4.0 adalah sebuah era yang diwarnai dengan berbagai kemajuan teknologi dengan kecepatan yang mengagumkan.

Menurut Hadi, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membawa kemudahan bagi masyarakat, dalam berkomunikasi serta bersosialisasi dengan berbagai komunitas di berbagai belahan dunia, dengan hampir tanpa batas dan tanpa hambatan. 

Baca: KPU Ungkap Motif Peretas: Ada yang Kesal

Hal itu sebagaimana disampaikan Hadi dalam rilis resmi Pusat Penerangan TNI yang diterima Tribunnews.com dari PLH Kabidpenum Puspen TNI, Letkol Inf Abidin Tobba pada Rabu (13/3/2019).

“Bahkan kemajuan teknologi tersebut diwarnai dengan berbagai disrupsi-disrupsi yang di satu sisi membawa manfaat, namun di sisi lain menimbulkan paradox”, ucapnya. 

Hadi mengatakan, perkembangan teknologi yang sangat pesat juga terjadi di berbagai bidang lain misalnya teknologi siber, transportasi, biomolekular, fisika kuantum, eksplorasi angkasa, eksplorasi bawah laut, dan teknologi militer.  

BERITA TERKAIT

Ia juga mengatakan, perkembangan teknologi yang sedemikian pesat membawa pengaruh yang luar biasa pada tata kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam pola komunikasi, pola sosialisasi, pola bisnis dan lain-lain yang seolah-olah saat ini kita hidup dalam dunia yang tanpa batas. Kecepatan perubahan bahkan mengalahkan kecepatan kita dalam memahami perubahan itu sendiri," kata Hadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas