Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota Tim Tak Boleh Bagikan Cerita Lewat Fitur Instastory di Lokasi Input Data C1

Semua anggota tim yang melakukan input data C1 di manapun, tidak boleh membagi cerita melalui fitur Instastory di media sosial Instagram.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Anggota Tim Tak Boleh Bagikan Cerita Lewat Fitur Instastory di Lokasi Input Data C1
Tangkapan Layar/ pemilu2019.kpu.go.id
Hasil Real Count KPU Pilpres 2019 Jokowi Vs Prabowo, Jumat 26 April 2019 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semua anggota tim yang melakukan input data C1 di manapun, tidak boleh membagi cerita melalui fitur Instastory di media sosial Instagram. Hal ini menjadi kode etik tersendiri bagi anggota tim.

Hal ini dituturkan oleh Koordinator Input Data C1 Ruang Sandi Nico Pratama.

"Kita punya kode etik untuk tidak Instastory atau update di lokasi tempat input data C1," tutur Nico Pratama di sebuah kedai kopi di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Hal itu sebagai konsekuensi karena lokasi input data C1 terus berpindah agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Adanya akun-akun media sosial yang tidak dikenal, memaksa mereka harus merahasiakan tempat pertemuan.

"Kami berupaya preventif saja. Bagaimanapun, ini kan data penting. Jadi, lokasi kami tidak bisa kami publikasikan," kata Nico Pratama.

Baca: Terungkap Isi Chat Ratna dan Fadli Zon, Kirim Foto Wajah Lebam: 08 Harus Tahu Siapa Mengancam Saya

Saat ini, anggota tim yang aktif untuk melakukan input data sebanyak 20 orang.

BERITA TERKAIT

Pembagian akan dikoordinasikan melalui aplikasi pesan singkat sehingga tidak banyak terlihat aktivitas yang terjadi.

Bahkan, input data bisa dilakukan oleh mereka yang berinisiatif atau memiliki waktu senggang.

"Tapi tetap kami akan koordinasi. Yang bisa bantu, boleh. Kalau tidak, ya tidak masalah. Kami kan organik. Jadi, tidak ada paksaan," ungkapnya.

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno menolak untuk mengungkapkan kepada publik lokasi penghitungan suara internal kubu Prabowo Subianto-Sandiaga.

Sandiaga mengatakan hal itu dilakukan untuk menghindari adanya abuse of power atau penyalahgunaan wewenang pihak tertentu untuk mengganggu penghitungan suara Pemilu 2019 internal pihaknya.

Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalbar, Faisal Riza menunjukkan grafik pengawasan Bawaslu yang dikumpulkan secara online, di Kantor Bawaslu Kalbar, Jalan WR Supratman, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (17/4/2019) malam. Ini merupakan instrumen pendataan secara online untuk mengontrol TPS, diinput oleh pengawas TPS untuk memastikan pengawasan hari tenang, persiapan dan hari pemilihan. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalbar, Faisal Riza menunjukkan grafik pengawasan Bawaslu yang dikumpulkan secara online, di Kantor Bawaslu Kalbar, Jalan WR Supratman, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (17/4/2019) malam. Ini merupakan instrumen pendataan secara online untuk mengontrol TPS, diinput oleh pengawas TPS untuk memastikan pengawasan hari tenang, persiapan dan hari pemilihan. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI (Tribun Pontianak/Destriadi Yunas Jumasani)

Saya selalu ditanya wartawan di mana lokasinya, tapi saya memutuskan tak membuka karena khawatir ada abuse of power. Lagi hitung-hitung tiba-tiba nanti digerebek," ungkap Sandiaga saat memantau penghitungan suara oleh relawan Ruang Sandi.

Sandiaga menegaskan bila rekapitulasi sudah selesai baik dari pihaknya maupun KPU RI, maka dirinya siap membuka data kepada publik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas