Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Begini Kronologi Peristiwa Bom Bunuh Diri di Sukoharjo 

Jajaran tim Polres Sukoharjo bersama pasukan Brimob mengevakuasi pelaku setelah lakukan sterilisasi area

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Begini Kronologi Peristiwa Bom Bunuh Diri di Sukoharjo 
TribunSolo.com/Asep Abdullah Rowi
Mayat bomber tergeletak di depan Pos Pengamanan (Pospam) Tugu Kartasura di simpang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (3/6/2019).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo membeberkan kronologi peristiwa bom bunuh diri di Pos Pengaman (Pospam) Lebaran 2019 di Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (3/6) malam. 

Ia menceritakan bahwa saksi kejadian diketahui bernama Rangga. Saat itu Rangga yang berprofesi sebagai timer bus tengah membantu polisi memasang lampu di sekitar Pospam. 




"Saksi yang melihat langsung bernama Rangga. Saksi melihat pelaku berjalan ke pos sekitar pukul 22.35 WIB, pelaku mengenakan kaus hitam, jeans dan headset," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2019).

Setelahnya, Rangga melihat pelaku duduk di trotoar dekat pos dengan lama waktu sekira 5 hingga 10 menit.

Barulah pada pukul 22.45 WIB terdengar ledakan yang cukup kencang. 

Baca: Tolak Mata Kuliah Pancasila, Pelaku Bom Bunuh Diri di Kartasura Batal Masuk IAIN Surakarta

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu mengatakan saksi bersama delapan personel polisi lainnya yang berada di Pospam langsung berlari keluar meninggalkan lokasi guna menghindari ledakan susulan. 

BERITA TERKAIT

Kemudian, sekira pukul 23.30 WIB, tim Inafis Polda Jawa Tengah datang dan mengecek rekaman kamera pengawas.

Diketahui ternyata pelaku menuju lokasi dengan berjalan dari arah Pos 10 atau Pos Tugu setelah meninggalkan motornya yang bermerek Suzuki Shogun dengan nopol AB 4051 WK. 

"Jajaran tim Polres Sukoharjo bersama pasukan Brimob mengevakuasi pelaku setelah lakukan sterilisasi area.  Ketika TKP dinyatakan aman, pelaku dibawa ke RS Moewardi untuk mendapatkan perawatan intensif," jelas Dedi. 

Baca: Pelaku Bom Bunuh Diri Tidak Berpamitan dan Gunakan Motor ke Pos Pam Tugu Kartasura

Densus 88 Antiteror dan tim Antiteror Polda Jawa Tengah kemudian menggeledah rumah orangtua pelaku dimana ditemukan barang-barang yang diduga untuk membuat bom. 

Adapun kepolisian berhasil menyita dua plastik isi belerang, satu plastik isi potasium klorat, campuran belerang dengan potasium arang atau black powder dalam Tupperware, empat switch, baterai 9 volt, serbuk putih yang diduga nitrat. 

Selain itu ada pula satu plastik arang, dua plastik  kabel berwarna kuning dan kabel clay, pengisi daya baterai, dua pipa berukuran 2-15 sentimeter, detonator manual warna putih dengan kabel hijau dan putih, solder serta sisa paku. 

Jenderal bintang satu itu mengatakan hasil penggeledahan di rumah orangtua pelaku dengan temuan serpihan bom di TKP serta sisa-sisa di tubuh pelaku identik bahwa bom itu bersifat low explosive.

Baca: Setelah Salat Idul Fitri, Dua Muncikari Artis Vanessa Angel Dipastikan akan Dibebaskan dari Rutan

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas