Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri: 2 Orang yang Bantu Rakit Bom Kartasura Berbaiat ke Pimpinan ISIS Lewat Medsos

Ia menjelaskan pembaiatan ketiganya kepada Abu Bakar Al Baghdadi tidak dilakukan dengan bertemu secara langsung.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Polri: 2 Orang yang Bantu Rakit Bom Kartasura Berbaiat ke Pimpinan ISIS Lewat Medsos
TRIBUNVIDEO.COM/RADIF
Kondisi pos pengalaman Lebaran 2019 Kartasura pascaledakan bom bunuh diri, Senin (3/6/2019) malam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri menyebut dua tersangka berinisial AA dan S yang diduga terlibat membantu merakit bom bunuh diri di Pospam Tugu Kartasura telah membaiatkan diri kepada pimpinan ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan keduanya membaiatkan diri bersama tersangka RA yang telah lebih diamankan.

"Yang jelas mereka ini sama-sama bersimpati kepada ISIS dengan berbaiat kepada Abu Bakar Al Baghdadi. Kemudian bagaimana proses mereka secara bersama-sama lalu merencanakan juga masih dalam sebuah pendalaman lebih lanjut terhadap tersangka," ujar Asep, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).




Ia menjelaskan pembaiatan ketiganya kepada Abu Bakar Al Baghdadi tidak dilakukan dengan bertemu secara langsung.

Baca: Bantu Rakit Bom Kartasura, Densus 88 Antiteror Tangkap 2 Orang di Lampung dan Sukoharjo

Pelaku bom bunuh diri Rofik Asharudin (22) dimasukkan ke dalam ambulance milik Polresta Solo di RSUD Dr Moewardi di Jalan Kolonel Sutarto, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (4/6/2019) sekitar pukul 04.10 WIB
Pelaku bom bunuh diri Rofik Asharudin (22) dimasukkan ke dalam ambulance milik Polresta Solo di RSUD Dr Moewardi di Jalan Kolonel Sutarto, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (4/6/2019) sekitar pukul 04.10 WIB (Tribunsolo.com/Asep Abdullah Rowi)

Ketiganya diketahui membaiatkan diri melalui sarana media sosial, yang dianggap sudah cukup untuk berbaiat.

"Berbaiat ini tidak secara langsung, melalui media sosial jadi dengan metode atau dengan sarana itu mereka menganggap itu sudah bagian daripada mereka berbaiat," ucapnya.

Lebih lanjut, Asep mengatakan pihaknya masih terus mendalami latar belakang jaringan terorisme ketiganya dan terkait aksi yang mereka lakukan.

BERITA TERKAIT

"Ya keterangan yang kita dapat dia tidak berafiliasi kepada beberapa jaringan terorisme yang ada di Indonesia, tetapi langsung bersimpati kepada ISIS dengan membaiatkan diri kepada Abu Bakar Al Baghdadi tersebut. Sementara keterkaitan jaringan-jaringan Indonesia masih terus kita dalami," tukas Asep.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas