Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

RUU Penyadapan: Barang Bukti Hasil Penyadapan Harus Dimusnahkan Setelah Dua Tahun

Dalam RUU yang pembahasannya sudah di tingkat panitia kerja (Panja) itu, barang bukti sadapan harus dimusnahkan setelah dua tahun.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in RUU Penyadapan: Barang Bukti Hasil Penyadapan Harus Dimusnahkan Setelah Dua Tahun
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Gerakan mahasiswa Tahun 1977-1978 se Indonesia, berorasi dan memberikan dukungan untuk KPK usai mengadakan pertemuan dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (22/3/2017). Gema 77-78 mendukung sepenuhnya KPK untuk menangkap serta mengadili semua pejabat yang terlibat kasus E-KTP sebesar Rp2,3 dan menolak revisi UU KPK khususnya yang terkait dengan dihilangkannya hak penyadapan, diadakannya SP3 serta menghilangkan fungsi justice collabotrator serta dibentuknya Dewan Pengawas, yang semuanya akan memperlemah fungsi KPK. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Penyadapan yang dilakukan oleh lembaga penegak hukum kini akan diatur secara rinci melalui Rancangan Undang-undang Penyadapan ( RUU Penyadapan) yang dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Dalam RUU yang pembahasannya sudah di tingkat panitia kerja (Panja) itu, barang bukti sadapan harus dimusnahkan setelah dua tahun.

"Iya (2 tahun) kalau sudah tidak ada hal yang diperlukan, kalau kasusnya sudah selesai ya harus dihancurkan," ujar Ketua Baleg Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarata, Kamis, (4/7/2019).

Atau menurut Supratman, barang bukti tersebut harus dimusnahkan bila kasus yang disadap sudah rampung atau ada putusan pengadilan.

"Pasti sudah ada putusan pengadilan kan. buktinya sudah pasti clear dengan putusan pengadilan. masa barang bukti penyadapannya harus disimpan selamanya, kalau bukti pengadilannya sudah ada menyatakan ini terkait ini itu," tuturnya.

Baca: Sosok 7 Tokoh Anak Muda yang Dikaitkan jadi Menteri di Kabinet Jokowi

Menurutnya barang bukti tetap harus dimusnahkan bila sudah dua tahun, meski masih bisa digunakan untuk pengembangan kasus lain.

Dia menjelaskan bahwa kasus bisa dikembangkan melalui putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

BERITA TERKAIT

"Terhadap orang yang disadap kan sudah ada putusan pengadilan kan, sudah inkracht. kalau mau dikembangkan pun dengan berdasarkan putusan pengadilan bukti itu sudah cukup kan," katanya.

RUU penyadapan tersebut berlaku untuk semua lembaga penegak hukum, termasuk KPK.

Hanya saja untuk masalah izin penyadapan ada pengecualian bagi KPK yakni tidak perlu izin pengadilan melalui kejaksaan.

"Kalau itu tetap sama. Karena sekarang di KPK kan menyangkut penyadapan tidak ada rigid diatur. Yang kita bedakan dalam draf ini hanya berkaitan dengan izin yang tidak diperlukan untuk KPK," pungkasnya.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas