Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jokowi Minta BMKG Berani Sampaikan Zona Rawan Bencana Alam ke Pemda

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat pembukaan rapat koordinasi nasional BMKG tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Jokowi Minta BMKG Berani Sampaikan Zona Rawan Bencana Alam ke Pemda
TRIBUN/DANY PERMANA
Presiden Joko Widodo berfoto usai melakukan sesi wawancara bersama Tribunnews.com di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi memaparkan mengenai visi pemerintahannya dalam 5 tahun ke depan kepada tim Tribunnews.com. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berani menyampaikan zona rawan bencana alam yang tidak boleh dibangun perumahan kepada pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat pembukaan rapat koordinasi nasional BMKG tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

"Daerah-daerah yang rawan bencana ya tolong diberitahukan sampaikan ke daerah. Ini rawan gempa, lokasi ini rawan banjir, jangan dibangun bandara, jangan dibangun bendungan, jangan dibangun perumahan," tutur Jokowi.

Baca: BMKG Rilis Siaran Pers Terkait Kabar Gempa Bumi dan Tsunami di Pantai Cilacap dan Yogyakarta

Menurut Jokowi, dengan disampaikannya lokasi rawan bencana ke pemerintah daerah dan terjalinnya komunikasi dengan baik, maka kepala daerah dapat mengacu kepada informasi tersebut ketika melakukan pembangunan infrastruktur di wilayahnya. 

"Jangan sampai kita mengulang-mengulang sebuah kesalahan yang jelas-jelas di situ jelas garisnya lempengan tektonik, kok dibangun perumahan besar-besaran," ujar Jokowi. 

Baca: Polisi Tembak Mati Pemalak Sopir Truk di Simpang Macan Lindungan, Kapolres Ungkap Motif Brigpol IP

 "Sampaikan apa adanya. Bahwa ini tidak boleh, ini lokasi ini merah, harus berani menyampaikan itu kepada pemerintah daerah baik kepada gubernur dan wali kota," sambung Jokowi.  

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas