Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Curhat Anggota Paskibraka dari Papua Barat Kangen Makan Pinang Hingga Ungkap Latihan Terberat

Masih mengenakan seragam, siswi SMAN 1 Manokwari itu mengaku rindu pada makanan di kampung halamannya, yaitu Pinang

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Curhat Anggota Paskibraka dari Papua Barat Kangen Makan Pinang Hingga Ungkap Latihan Terberat
Tribunnews.com/Lendy Ramadhan
Anggota Paskibraka asal Manokwari, Papua Barat, Uriani Venesta Kubiari saat ditemui di tempat latihan Paskibraka Nasional, PP-PON, Cibubur, Jakarta timur, Rabu (31/7/2019) 

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 sedang menjalani masa pelatihan di PP-PON, Cibubur, Jakarta Timur, sejak 20 Juli 2019 lalu.

Sebagaimana diketahui, selama pelatihan, para anggota Paskibraka tersebut dikumpulkan di sebuah tempat dalam waktu tertentu untuk fokus menjalani pelatihan.

Baca: Ke Cibubur, Menpora Makan Siang Bareng Anggota Paskibraka Nasional 2019

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 tertawa saat mengikuti Diklat Paskibaraka Nasional 2019 di Cibubur, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Sebanyak 68 siswa yang menjadi anggota Paskibraka terus menjalani pelatihan yang diperisapkan untuk mengibarkan bendera pusaka di hari peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 tertawa saat mengikuti Diklat Paskibaraka Nasional 2019 di Cibubur, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Sebanyak 68 siswa yang menjadi anggota Paskibraka terus menjalani pelatihan yang diperisapkan untuk mengibarkan bendera pusaka di hari peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)




Selama lebih dari sepuluh hari tersebut, banyak suka-duka yang dialami para anggota, khususnya anggota putri asal Manokwari, Papua Barat bernama Uriani Venesta Kubiari.

Masih mengenakan seragam, siswi SMAN 1 Manokwari itu mengaku rindu pada makanan di kampung halamannya, yaiut Pinang.

Ia mengaku di tempat berlatih dirinya sama sekali tak memakan Pinang.

Makanan yang disediakan para pembina, diakuinya makanan yang sifatnya umum dimakan masyarakat Indonesia, seperti sayuran rebus, nasi, buah-buahan, dan sesekali memakan roti.

BERITA TERKAIT

"Kangen makanan di Papua, Pinang sih," kata Urianti.

Selain kangen mengunyah Pinang, Urianti juga mengaku sangat rindu dengan orangtuanya.

Ia mengaku jika rindu hanya bisa duduk menyendiri, karena semua alat komunikasi dititipkan para pembina sejak sebelum pelatihan dimulai.

Urianti juga mengungkap latihan terberat yang dilakukan selama masa pelatihan, yaitu sit up.

"Paling berat disuruh sit up, biasanya pelatih kasih lima belas kali sit up," ungkap Urianti.

Sebagaimana diketahui, selain dilatih baris-berbaris, para anggota Paskibraka juga dilatih fisiknya dengan melakukan senam, jogging, dan sit up untuk meningkatkan stamina.

Urianti mengaku semuanya dilalui dengan senang hati, karena menjadi anggota Paskibraka Nasional merupakan kebanggaan.

Baca: Jalani Masa Karantina, Anggota Paskibraka Tidak Diperbolehkan Gunakan Gadget

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 beristirahat saat mengikuti Diklat Paskibaraka Nasional 2019 di Cibubur, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Sebanyak 68 siswa yang menjadi anggota Paskibraka terus menjalani pelatihan yang diperisapkan untuk mengibarkan bendera pusaka di hari peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 beristirahat saat mengikuti Diklat Paskibaraka Nasional 2019 di Cibubur, Jakarta, Selasa (30/7/2019). Sebanyak 68 siswa yang menjadi anggota Paskibraka terus menjalani pelatihan yang diperisapkan untuk mengibarkan bendera pusaka di hari peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas