Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dugaan Suap Penanganan Perkara, Jaksa Agung Diminta Bawa 6 Jaksa Kejati Jateng ke KPK

Untuk menghadirkan 6 orang saksi pada Kamis (15/8) ini, penyidik KPK telah mengirimkan surat ke Jaksa Agung Muhammad Prasetyo

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Dugaan Suap Penanganan Perkara, Jaksa Agung Diminta Bawa 6 Jaksa Kejati Jateng ke KPK
IST
Ilustrasi suap 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Agung dalam penanganan kasus dugaan suap penanganan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang menjerat Asisten Bidang Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati DKI Jakarta Agus Winoto.

Untuk menghadirkan 6 orang saksi pada Kamis (15/8) ini, penyidik KPK telah mengirimkan surat ke Jaksa Agung Muhammad Prasetyo sejak Senin (12/8).

"Sebagai bentuk koordinasi antar institusi, KPK menyurati Jaksa Agung untuk bantuan menghadirkan saksi-saksi tersebut," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada pewarta, Kamis (15/8/2019).

Keenam saksi tersebut antara lain, Kusnin, M Rustam Effendi, Bennt Crisnawan, Dyah Purnamaningsih, Musriyono dan Adi Wicaksono. Para saksi merupakan Jaksa yang bertugas di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah. 

Baca: Video Vina Garut Dijual Rp 50 Ribu Total 44 Video, Pemeran Pria Sakit Parah, Wanita Penyanyi Hajatan

Baca: Sebentar Lagi Toyota Corolla Hybrid Meluncur di Indonesia, Harga?

Baca: Alex Marquez Batal Gabung Tim Petronas, Sebabnya Persaingan Yamaha dan Honda di MotoGP?

"Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka dari pihak swasta Sendy Perico (SPE)," kata Febri.

Sebelumnya, pada Rabu (14/8) kemarin penyidik KPK juga mengagendakan pemeriksaan terhadap empat orang saksi untuk tersangka Sendy. Mereka adalah M. Zahroel Ramadhana, Jaksa Fungsional di Badiklat Kejaksaan Agung; Yadi Herdiantor, Jaksa Fungsional pada Kejati DKI Jakarta; Arih Wira Suranta, Jaksa dan Yuniar Sinar Pamungkas, Kasi Kamnegtibum dan TPU di Kejati DKI Jakarta. 

BERITA REKOMENDASI

Namun, para saksi tidak memenuhi panggilan. Sampai saat ini, penyidik KPK pun belum menerima informasi alasan ketidakhadiran. 

"Penyidik akan mempertimbangkan memanggil kembali sesuai kebutuhan penanganan perkara," tukas Febri.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Aspidum Kejati DKI Jakarta Agus Winoto, seorang pengacara bernama Alvin Suherman dan Sendy Perico dari pihak swasta atau pihak yang berperkara sebagai tersangka.

Sendy Perico telah dilarang KPK untuk bepergian ke luar negeri atau meninggalkan Indonesia. Selain Sendy, KPK juga melarang dua orang lainnya, yakni Tjhun Tje Ming serta satu jaksa pada Kejati DKI, Arih Wira Suranta. Ketiga orang itu dilarang bepergian ke luar negeri sejak 29 Juni 2019.

Dalam konstruksi perkara dijelaskan bahwa tersangka Sendy melaporkan pihak lain yang menipu dan melarikan uang investasinya sebesar Rp11 miliar.

Sebelum tuntutan dibacakan, Sendy dan Alfin telah menyiapkan uang untuk diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum. Uang ini diduga ditujukan untuk memperberat tuntutan kepada pihak yang menipunya.

Saat proses persidangan tengah berlangsung, Sendy dan pihak yang ia tuntut memutuskan untuk berdamai.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas