Tribun

Kabinet Jokowi

Susunan Kabinet Baru 2019-2024, Jokowi Beri Sejumlah Bocoran : Ada Dua Kementerian Baru

Presiden Joko Widodo sudah memberi sejumlah bocoran mengenai kabinet baru yang akan membantunya di periode 2019-2024 mendatang

Editor: Putradi Pamungkas
zoom-in Susunan Kabinet Baru 2019-2024, Jokowi Beri Sejumlah Bocoran : Ada Dua Kementerian Baru
Tribunnews/Irwan Rismawan
Presiden Joko Widodo memberikan arahan dalam Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019). Dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta agar jajaran TNI dan Polri membantu pemerintah daerah dalam mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo sudah memberi sejumlah bocoran mengenai kabinet baru yang akan membantunya di periode 2019-2024 mendatang.

Meski Jokowi-Ma’ruf Amin baru akan dilantik pada 20 oktober 2019 mendatang, bocoran mengenai kabinet baru tersebut sudah disampaikan Jokowi pada saat makan siang bersama pimpinan redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Jokowi menyampaikan beberapa hal terkait penyusunan kabinet baru nanti, berikut rangkumannya :

Nomenklatur Baru

Jokowi menyampaikan, akan ada dua kementerian baru di kabinet periode keduanya.

Kementrian tampahan tersebut adalah Kementrian Digital dan Ekonomi Kreatif serta Kementrian Investasi.

"Kita melihat perkembangan dunia yang begitu cepat dan pemerintah ingin merespon itu secara cepat maka ada kementerian-kementerian baru," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, presiden memiliki kewenangan untuk membentuk kabinet dan kementrian, kecuali yang diatur oleh undang-undang.

Sejumlah kementrian yang tidak bisa ditiadakan itu adalah Kementrian Luar Negeri, Kementrian Dalam Negeri, dan Kementrian Pertahanan.

Sedangkan selebihnya dapat diatur dengan peraturan presiden (Perpres).

BACA SELANJUTNYA>>>>

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas