Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Retno Marsudi di Akhir Jabatannya: Jokowi Sangat Jarang Perlihatkan Kemarahan

Pak Jokowi adalah orang yang dapat mengelola emosi secara baik. Beban beliau begitu banyak itu, namun sangat jarang beliau keliatan marah.

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menlu Retno Marsudi di Akhir Jabatannya: Jokowi Sangat Jarang Perlihatkan Kemarahan
Tribunnews/JEPRIMA
Direktur Regional Newspaper Febby Mahendra Putra saat melakukan wawancara khusus dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Kementrian Luar Negri, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). Pada kesempatan tersebut Retno menceritakan suka dukanya selama 5 tahun terakhir menjabat sebagai Menteri Luar Negri. Tribunnews/Jeprima 

KABINET Kerja Jilid I tak lama lagi akan mengakhiri masa kerjanya.

Pada saat yang bersamaan muncul berbagai kejadian yang kurang mengenakkan, di antaranya kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla), aksi kekerasan di Papua-Papua Barat, dan demonstrasi besar di sejumlah kota yang dilakukan para mahasiswa.

Satu di antara menteri yang mau tak mau terkait dengan kejadian tersebut adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Apalagi karhutla yang terjadi di wilayah Pulau Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan menurunnya kualitas udara di negara tetangga.

Apa yang telah dilakukan Retno Marsudi di akhir masa jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri Kabinet Kerja Jilid I?

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Gedung Kementrian Luar Negri, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). Pada kesempatan tersebut Retno menceritakan suka dukanya selama 5 tahun terakhir menjabat sebagai Menteri Luar Negri. Tribunnews/Jeprima
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Gedung Kementrian Luar Negri, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). Pada kesempatan tersebut Retno menceritakan suka dukanya selama 5 tahun terakhir menjabat sebagai Menteri Luar Negri. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Berikut wawancara eksklusif tim Tribunnews Network dengan Retno Marsudi, di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Tribun: Selama lima tahun menjadi Menteri Luar Negeri RI, apa yang paling berkesan dan mendalam bagi Anda?

Retno Marsudi: Saya sangat mengapresiasi soliditas team work teman-teman di Kementerian Luar Negeri maupun teman-teman yang saat ini sedang bertugas di luar negeri.

Baca: Panglima Kodam XIV Hasanuddin Pastikan Kolonel Hendi Dipenjara 14 Hari Usai Sidang Disiplin

BERITA REKOMENDASI

Kalau kita bicara tugas diplomasi, ada yang bertugas di Jakarta dan lebih dari 132 perwakilan di luar negeri.

Saya menilai team work kami sangat solid, komunikasi tanpa batas dan jenjang.

Kultur yang mau dibangun adalah komunikasi tanpa hambatan. Dunia ini begitu cepat.

Misalnya ada satu peristiwa yang harus kita respons. Kalau kita menggunakan cara-cara konvensional, maka keburu basi dan Indonesia belum menyampaikan satu posisi.

Kalau bicara mengenai team work yang ada di kabinet, saya mengatakan team work kita baik. Bahkan sangat baik, menurut pengamatan saya.

Sangat mudah berkomunikasi dengan para menteri dan anggota kabinet yang lain. Responsnya begitu cepat. Dengan Presiden dan Wakil Presiden juga demikian.

Akses komunikasi antara Presiden dan Wakil Presiden dengan para pembantunya benar-benar dibuka. Beliau memberikan trust (kepercayaan) yang sangat besar karena tanpa trust akan sulit bagi kami untuk menunaikan tugas.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas