Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tidak Masuk Kabinet, Hanura akan Tetap Kawal Pemerintahan Jokowi - Maruf Amin

Dukungan Hanura kepada pasangan Jokowi - Maruf Amin, menurut Benny didasarkan pada keyakinan dan pilihan politik Ideologis

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Tidak Masuk Kabinet, Hanura akan Tetap Kawal Pemerintahan Jokowi - Maruf Amin
Adiatmaputra Fajar Pratama/Tribunnews.com
Ketua DPP Hanura Benny Ramdhani 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Hanura Benny Rhamdani menegaskan partainya akan tetap mengawal pemerintahan Jokowi - Maruf Amin meski tidak masuk ke dalam kabinet.

"Ada atau tidak dalam Kabinet Kerja Jilid 2, Partai Hanura tetap Tawa'dhu dan Istiqomah untuk mengawal dan tetap bersama Pemerintahan Jokowi - Maruf Amin," ujar Benny dalam siaran persnya, Minggu, (27/10/2019).

Baca: Dituding Masih Dendam pada SBY, PDIP kepada Andi Arief: Tak Ingat AHY dan Ibas ke Teuku Umar?




Dukungan Hanura kepada pasangan Jokowi - Maruf Amin, menurut Benny didasarkan pada keyakinan dan pilihan politik Ideologis.

Keyakinan dan pilihan politik ideologis itu lebih kepada pertimbangan kepentingan negara dan bangsa, cita-cita proklamasi dan tujuan nasional dan masa depan 260 juta rakyat Indonesia.

"Pak Jokowi, 5 tahun sebelumnya berhasil dengan pembangunan multi sektor yang dirasakan rakyat Indonesia. Ditambah KH Ma'ruf Amin dalam pandangan kami adalah tokoh dan ulama besar Indonesia," katanya.

Baca: Andi Arief Sebut Megawati Masih Simpan Dendam dengan SBY, PDIP: Jangan Asal Bunyi

Sehingga bagi Partai Hanura menurutnya, tidak mengenal istilah atau rumus tukar guling politik dan timbal balik kursi posisi menteri.

BERITA TERKAIT

"Terlebih secara prinsip, Partai Hanura menyadari bahwa pengangkatan menteri atau wakil menteri, secara konstitusi sepenuhnya adalah hak prerogatif presiden," pungkasnya.

Kata Jubir Istana

5 Fakta Juru Bicara Jokowi Fadjroel Rachman
5 Fakta Juru Bicara Jokowi Fadjroel Rachman (Instagram @fadjroelrachman)

Partai Hanura  yang merupakan pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019, belum mendapatkan kursi di Kabinet Indonesia Maju. 

Juru Bicara Presiden M Fadjroel Rachman mengatakan, persoalan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden dan penentuan pun tidak ada campur tangan dari pihak luar. 

 "Pak Jokowi dengan hak beliau, (bilang) cukup, cukup. Saya pikir sudah cukup," ucap Fadjroel di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Baca: Purna Dari Jabatan Menteri, Susi Pudjiastuti Terharu Disambut Ribuan Warga Saat Pulang Kampung

Menurutnya, ke depan tidak ada penambahan wakil menteri lagi, mengingat perintah Presiden sudah jelas agar bekerja dengan cepat setelah dilantik. 

"Mudah-mudahan dengan ini mereka bisa bekerja sebaik-sebaiknya. Kemarin dalam rapat perdana, beliau mengatakan juga segera bekerja, tidak ada lagi waktu berdiam apalagi memperlambat," papar Fadjroel. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas